Sukses

9 Pilihan Buah Terbaik untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Liputan6.com, Jakarta - Di masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan nutrisinya. Selain karbohidrat, sayuran, serta protein, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Dilansir dari laman Healthline, Kamis (22/9/2022), prinsip dasar diet sehat saat hamil tetap sama, yaitu perbanyak makan buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Untuk menjaga kehamilan yang sehat dibutuhkan sekitar 3000 kalori ekstra setiap hari. Kalori ini sebaiknya berasal dari diet seimbang protein, sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.

Makanan yang tepat juga dapat membantu mengurangi beberapa gejala kehamilan yang menganggu kenyamanan Anda, seperti mual dan sembelit.

Berikut adalah sejumlah nutrisi yang wajib Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan Anda yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Folat dan Asam Folat

Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah kemungkinan terjadinya masalah serius pada perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Selain itu, suplemen khusus ibu hamil dengan kandungan asam folat juga diklaim mampu mengurangi risiko kelahiran prematur serta kelahiran bayi dengan berat badan rendah. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Vitamin D

Selain asam folat, jangan lupa agar Anda mengonsumsi vitamin D selama masa kehamilan. Vitamin ini bekerja sama dengan kalsium untuk membantu membangun tulang dan gigi bayi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

3. Kalsium

Ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan membutuhkan kalsium demi menjaga dan mendapatkan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga mendukung fungsi yang sehat dari sistem peredaran darah, otot serta saraf.

4. Zat Besi

Selama kehamilan, Anda membutuhkan dua kali lebih banyak zat besi dibandingkan orang yang sedang tidak mengandung. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat lebih banyak darah guna memasok oksigen ke bayi Anda.

5. Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dari jaringan dan organ bayi, termasuk otak. Selain itu, protein membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim selama kehamilan.

3 dari 5 halaman

Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

1. Mangga

Mangga kaya akan kandungan vitamin A dan C. Mencukupi asupan vitamin-vitamin ini adalah hal yang penting, mengingat kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan rendahnya kekebalan tubuh dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi pernapasan.

2. Jeruk

Jeruk sangat bagus untuk menjaga Anda tetap terhidrasi dan sehat. Vitamin C yang terkandung dalam buah berwarna jingga, hijau dan kekuningan ini dapat membantu mencegah kerusakan sel serta membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Buah ini juga merupakan sumber folat, yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf.

3. Lemon

Aroma buah lemon diklaim dapat membantu meringankan morning sickness atau gejala mual-mual yang umum dialami oleh ibu hamil.

Tak hanya itu, buah ini juga sangat ampuh membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit pada ibu yang sedang mengandung.

4 dari 5 halaman

4. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Serat di dalam buah pisang dapat membantu mengatasi sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil. Selain itu, vitamin B6 juga diklaim dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

5. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat dijadikan sebagai sumber energi. Tak hanya itu, buah berdaging kuning kehijauan ini dikenal dapat membantu mencegah cacat tabung saraf.

Alpukat juga bisa meningkatkan sel-sel yang berperan membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Selain itu, kandungan kalium dalam alpukat dapat meredakan kram kaki pada ibu hamil, yang kerap terjadi pada trimester ketiga.

6. Aprikot

Buah aprikot mengandung vitamin A, C, dan E, kalsium, besi, kalium, beta karoten, fosfor, hingga silikon. Semua nutrisi ini sangat baik untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Zat besi dalam aprikot dipercaya dapat mencegah anemia, sedangkan kalsium membantu menunjang pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

5 dari 5 halaman

7. Apel

Apel mengandung banyak serat dan merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin A, potasium, dan pektin.

Pektin sendiri merupakan prebiotik yang dikenal mampu memberi makan bakteri baik di usus Anda, sehingga mampu membantu masalah pencernaan saat mengandung.

8. Jambu Biji

Jambu biji mengandung kombinasi nutrisi yang luar biasa, sehingga ideal untuk ibu hamil.

Mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit.

9. Delima

Delima adalah sumber energi yang baik, diperkaya dengan kandungan zat besinya yang tinggi membantu mencegah anemia. Vitamin K dalam buah delima juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS