Sukses

6 Ide Olahan Chia Seed untuk Menu Diet Simpel dan Praktis, Bantu Ratakan Perut Buncit

Berikut ini beragam ide olahan chia seed sebagai menu diet yang simpel dan praktis

Liputan6.com, Jakarta Chia seed merupakan biji-bijian dari tanaman Salvia Hispanica, memiliki bentuk kecil dan berwarna hitam. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Meski demikian, produk chia seed kemasan kini sudah banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit banyak orang.

Biji chia populer bagi orang yang sedang menjalani diet, karena kandungan serat yang tinggi dan sumber protein. Hal tersebut menjadi sumber lemak baik bagi tubuh.

Meski ukurannya kecil, manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh begitu besar. Di kalangan pecinta makanan organik, biji-bijian ini rutin dikonsumsi sebagai campuran berbagai jenis makanan.

Dilansir dari laman Healthline, Minggu (11/9/2022), chia seed mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, serta omega-3 dan omega-6. Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium.

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan, seperti asam klorogenik, caffeic acid, quercetin, dan kaempferol. Beberapa manfaat chia seed untuk kesehatan antara lain menjaga kesehatan tulang, memelihara kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, chia seed disebut dapat membantu menurunkan berat badan dan meratakan perut buncit. Chia seed dinilai mampu menekan rasa lapar lebih lama. Sehingga, tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet dan ingin meratakan perut buncit, berikut ini ide olahan chia seed untuk menu diet yang simpel dan praktis, dirangkum Citizen-Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Salad

Menikmati sarapan dengan salad dapat memberikan energi dan nutrisi. Dengan menambahkan biji chia seed pada semangkuk potongan buah-buahan atau sayuran, memiliki kandungan serat dan lemak sehat bermanfaat untuk memberikan energi seharian.

Selain itu, mengonsumsi biji chia seed di waktu sarapan dapat mencegah makan berlebih nantinya. Karena itu, menu yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

2. Air Detoks

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, detoks sangat diperlukan tubuh untuk mengeluarkan racun dan sisa makanan dalam tubuh. Untuk memberikan nutrisi tambahan dalam air detoks yang dikonsumsi, bisa menambahkan biji chia seed. Selain memberikan nutrisi pada tubuh, biji chia seed mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Anda dapat membuat resep air detoks dengan mencampurkan 1 cangkir air, 1 sendok makan biji chia seed, 2 sendok makan perasan air lemon, dan 2 sendok teh madu.

 

3 dari 4 halaman

3. Smoothie

Smoothie merupakan salah satu menu yang paling sering dikonsumsi seseorang saat diet. Resep smoothie yang diberi tambahan biji chia di dalamnya bisa Anda coba. Selain memberikan nutrisi pada tubuh, juga membantu menurunkan berat badan. Biji chia seed dalam smoothie dapat membuat perut kenyang lebih lama.

4. Oatmeal

Selain smoothie, Anda juga bisa mencampurkan biji chia ke dalam semangkuk oatmeal untuk sarapan. Oatmeal yang diberi topping buah-buahan dapat diberi kombinasi biji chia seed di atasnya. Rasa kenyang akan bertahan lama, dan memberikanmu energi hingga sore hari.

 

4 dari 4 halaman

5. Puding

Puding menjadi salah satu cara yang tepat untuk menikmati chia seed sebagai makanan diet. Selain mudah dibuat, puding chia memberikan manfaat yang untuk membantu menurunkan berat badan tanpa khawatir soal rasa. Cocok untuk Anda yang ingin diet namun tetap mengonsumsi makanan lezat dan manis.

6. Roti Panggang

Terakhir, Anda juga bisa mengkreasikan roti panggang dengan tambahan biji chia. Roti renyah diberi irisan buah sebagai topping ataupun alpukat yang telah dihaluskan kemudian diberi biji chia seed di atasnya. Dijamin rasa kenyang akan bertahan lama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.