Sukses

6 Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Menua

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu mengindamkan kulit sehat, bersih dan awet muda. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan kulit wajah impian, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga melakukan perawatan kulit.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyabotase semua upayamu. Beberapa kebiasaan ini bahkan tidak mudah dihilangkan, tapi jika Anda bisa melakukannya ini akan menjadi pilihan yang baik untuk kulitmu.

Ternyata rahasia terbesar anti-penuaan ada dalam kebiasaan sehari-harimu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (6/9/2022).

1. Menggunakan sedotan setiap hari

Sedotan tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga berbahaya bagi wajah kita. Para ilmuwan menunjukkan bagaimana penggunaan sedotan mendoroang pembentukan garis-garis halus dan kerutan di sekitar bibir.

Selain itu, kontraksi otot yang sama berulang kali bisa memperburuk kolagen dari waktu ke waktu, yang akan membuatmu tampak lebih tua dari usiamu.

2. Anda makan banyak kue

Menurut para ahli, kue-kue kering dan permen sering kali mengandung gula dan lemak tambahan yang tinggi, berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan kesehatan mulut yang buruk.

Selain mempromosikan mikrobiota yang tidak sehat, gula juga bersifat pro-inflamasi. Atribut- atribut ini bisa mempercepat seseorang menjadi tua, membuat Anda terlihat lelah, bengkak dan berkerut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3. Kurang tidur

Menurut penelitian ilmiah, tidur kurang dari 7 jam setiap malam bisa menurunkan umur Anda. Selain itu, itu akan membuatmu tampak dan merasa jauh lebih tua.

Kurang tidur juga akan menguras stamina mental dan fisik yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari- harimu. Selain itu, kurang tidur bisa merugikan tubuh, terutama jantung dan otak.

Hormon pertumbuhan manusia juga dibuat saat tidur, yang akan menghasilkan tonus otot yang sehat.

4. Tidak menggunakan kacamata hitam

Meskipun cahaya di luar mungkin tidak terlalu terang, Anda harus selalu mengenakan kacamata hitam.

Melindungi mata Anda dari sinar matahari membantu menjaga penglihatan. Selain itu, sering menyipitkan mata dalam cahaya yang intens mempercepat pembentukan garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan dahi.

Karena berjemur bisa memberikan cahaya yang tampak sehat, penyamakan kulit pun menjadi sangat populer. Namun, paparan sinar matahari yang berkepanjangan atau tanning bed bisa menyebabkan ketidakteraturan pigmentasi, terutama di sekitar mata.

3 dari 3 halaman

5. Mengabaikan kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa depresi mempercepat lesi otak, yang pada gilirannya mempercepat proses penuaan.

Jadi, jika Anda mengalami hari-hari yang suramselama lebih dari 2 minggu, Anda harus mencari bantuan profesional untuk kesehatan mentalmu.

6. Tidak cukup berolahraga selama seminggu

Kurang aktivitas fisik adalah salah satu cara paling cepat tubuh untuk menua. Berjalan-jalan, pergi ke gym, atau berlatih yoga setidaknya tiga kali seminggu untuk meredakan ketegangan.

Latihan yang berhasil tentu membutuhkan banyak usaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.