Sukses

Coba 3 Tips Ini untuk Melindungi Lutut Anda Seiring Bertambahnya Usia

Memiliki lutut yang sehat adalah cara tetap bebas bergerak hingga usia lanjut

Liputan6.com, Jakarta Nyeri lutut adalah keluhan muskuloskeletal kedua yang paling umum di belakang nyeri punggung. Ini berdampak pada sepertiga dari orang Amerika dan prevalensinya telah meningkat secara substansial selama 20 tahun terakhir.

Statistik ini menunjukkan bahwa semakin penting untuk menemukan cara melindungi lutut seiring bertambahnya usia - sehingga Anda dapat terus melakukan hal-hal yang Anda sukai - terutama jika Anda ingin menghindari prosedur atau operasi besar.

Melansir dari Seacoastonline, berikut adalah tiga tips untuk membantu Anda melindungi lutut sehingga Anda dapat tetap aktif dan bergerak seiring bertambahnya usia - dan semoga menghindari prosedur dan operasi besar:

1. Perkuat Pinggul dan Core Anda

Sendi lutut Anda terletak tepat di bawah pinggul dan core Anda. Dan dokter telah menemukan melalui penelitian bahwa ketika Anda memiliki kontrol yang buruk dari otot-otot kaki bagian atas Anda - Anda mendapatkan lebih banyak stres melalui sendi lutut Anda. Kekuatan otot-otot kaki bagian atas Anda sangat bergantung pada pinggul dan kekuatan core Anda.

Tulang paha Anda menghubungkan lutut dan panggul Anda dan kekuatan core Anda mengontrol panggul Anda. Jika panggul Anda tidak stabil - tulang paha Anda akan mengalami kesulitan untuk tetap sejajar. Ini pada akhirnya akan memiliki tekanan langsung pada sendi lutut Anda - menyebabkannya mengkompensasi dalam beberapa cara.

Selain itu - otot pinggul luar Anda - yang mencakup otot glute Anda - juga memainkan peran utama dalam seberapa baik posisi dan stabilitas tulang paha Anda. Jika Anda ingin melindungi lutut Anda dan memberi mereka kesempatan terbaik untuk tetap bebas rasa sakit dan bergerak seiring bertambahnya usia - Anda harus memperkuat pinggul dan core Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mobilitas sebelum stabilitas

Ada sendi yang fungsi utamanya adalah stabilitas - dan ada yang fungsi utamanya adalah mobilitas. Lutut Anda harus bergerak. Tujuan utamanya adalah untuk menekuk sepenuhnya sehingga Anda dapat berjongkok dan mengambil barang - dan perlu diluruskan sepenuhnya untuk memberi Anda stabilitas saat Anda membutuhkannya.

Ketika salah satu dari gerakan ini kurang - ligamen Anda dan otot-otot di sekitarnya akan menderita. Banyak orang hanya "menerima" bahwa lutut mereka kaku - terutama jika Anda diberi tahu bahwa Anda menderita radang sendi di lutut Anda.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa jika Anda menjaga lutut tetap bergerak seiring bertambahnya usia - Anda tidak hanya dapat mempertahankan mobilitas yang Anda miliki tetapi juga meningkatkan apa yang kurang.

Jika lutut Anda kaku - mulailah menggerakkannya. Hal yang perlu dipahami tentang radang sendi adalah bahwa itu adalah bagian normal dari penuaan.

Bahkan peningkatan 10% dalam mobilitas lutut Anda dapat membuat perbedaan besar dalam fungsi Anda. Ini bisa menjadi perbedaan antara solusi alami untuk nyeri lutut vs menjalani operasi besar seperti penggantian lutut.

 

3 dari 4 halaman

3. Bekerja pada keseimbangan Anda

Sendi terakhir yang perlu kita bicarakan dalam hal melindungi lutut Anda adalah pergelangan kaki Anda. Sama seperti pinggul dan inti Anda - jika pergelangan kaki Anda tidak cukup stabil untuk membantu Anda menjaga keseimbangan yang memadai - lutut Anda akan menderita.

Tetapi hal menarik lainnya tentang sendi pergelangan kaki Anda adalah mobilitas yang buruk juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk menyeimbangkan badan. Katakanlah Anda mengalami kekakuan saat berjongkok.

Sering kali ini disebabkan oleh mobilitas yang tidak memadai di pergelangan kaki Anda. Anda akan mengetahui hal ini karena Anda akan merasakan ketegangan di bagian depan tulang kering saat Anda mencoba jongkok dalam-dalam - atau Anda mungkin melihat kaki dan lutut Anda masuk.

Ini adalah mekanisme yang digunakan tubuh Anda untuk mengimbanginya - yang jika dilakukan berulang-ulang - akan menyebabkan masalah pada lutut Anda. Tapi bagaimana jongkok berhubungan dengan keseimbangan?

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya fleksibilitas

Nah - jika pergelangan kaki Anda tidak cukup lentur - katakan dalam jongkok yang dalam - maka itu berarti betis bagian bawah dan Achilles Anda kewalahan dan terganggu. Otot betis bagian bawah Anda sangat penting dalam hal keseimbangan - dan jika otot tersebut terlalu diregangkan atau tidak dapat diakses dengan baik - karena pergelangan kaki Anda terlalu kencang - maka keseimbangan Anda akan terpengaruh.

Untuk melindungi sendi lutut dan keseimbangan seiring bertambahnya usia - pastikan Anda memperhatikan mobilitas dan stabilitas pergelangan kaki.

Rangkuman

Jika Anda ingin mengoptimalkan kesehatan lutut seiring bertambahnya usia prioritaskan mobilitas lutut dan pergelangan kaki Anda; perkuat pinggul dan core Anda; dan latih keseimbangan Anda. Berfokus pada tiga hal ini dapat berdampak signifikan pada kesehatan lutut seiring bertambahnya usia dan membantu Anda menghindari operasi besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.