Sukses

Sinopsis Mumun, Film Horor Terbaru yang Dibintangi Acha Septriasa

Mumun merupakan film horor Indonesia terbaru karya Rizal Mantovani yang telah dapat disaksikan di bioskop mulai hari ini, Kamis (1/9/2022).

 

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian pecinta film horor tanah air nampaknya harus menyaksikan salah satu film horor yang baru tayang di bioskop hari ini yaitu Mumun. Mumun sendiri merupakan film horor Indonesia terbaru karya Rizal Mantovani yang telah dapat disaksikan di bioskop mulai hari ini, Kamis (1/9/2022).

Film ini dibintangi oleh Mandra, Acha Septriasa dan Dimas Aditya. Film Mumun bergenre horor komedi. Film ini diadaptasi dari serial televisi Jadi Pocong karya Mandra.

Dalam film Mumun 2022 ini, Acha Septriasa tidak hanya memerankan tokoh Mumun, namun ia juga berperan sebagai Mimin yang merupakan saudara kembar Mumun. Mimin terpaksa harus pulang dari rantauan karena ingin mengobati rasa kehilangan kedua orang tuanya usai kepergian Mumun. 

Tak hanya Acha Septriasa, Mandra dan Dimas Aditya yang bermain dalam film tersebut, beberapa aktor lain yang bermain di film Mumun ialah Mandra, Bedu, Ence Bagus, Volland Humonggio, Eddies Adelia, Sabar Bokir, dan Fajar Nugraha.

Film Mumun berkisah tentang Mumun (Acha Septriasa) dan Juned (Dimas Aditya) yang merupakan sepasang kekasih yang saling mencintai. Namun, Mumun tewas secara mengenaskan dalam sebuah kecelakaan dan Juned sangat terpukul karenanya. Setelah jasad Mumun dikuburkan, ternyata Husein (Mandra) selaku penggali kubur lupa membuka tali pocong Mumun pada saat prosesi penguburan.

Pocong Mumun pun bangkit dari kubur untuk meminta agar tali pocongnya dibukakan. Alhasil, Mumun bangkit dari kubur dan bergentayangan untuk meneror para warga sekitar serta Husein agar tali pocong yang masih terpasang untuk segera dibuka. Lantas apakah Husein berhasil membuka tali pocong Mumun?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandra Sebut Kisah Soal Jadi Pocong Diangkat dari Cerita Nyata

Di era 2000-an, komedian Mandra pernah membuat sebuah sinetron Jadi Pocong. Kini kisah dalam sinetron tersebut diangkat dalam sebuah film berjudul Mumun. Hantu pocong bernama Mumun yang diperankan oleh Eddies Adelia pun menjadi sosok yang ditakuti masyarakat.

Setelah 20 tahun berlalu, rumah produksi Dee Company memboyong sinetron tersebut ke format layar lebar. Judulnya pun diganti menjadi MUMUN karena nama karakter tersebut dianggap lebih terkenal. Karena perubahan judul film menjadi MUMUN, Mandra selaku pemilik hak cipta atas cerita dan karakter tersebut sempat stres dibuatnya.

"Pada saat itu judul sinetronnya kan Jadi Pocong, tiba-tiba di film dia (produser) ganti dengan nama MUMUN. Terus terang aja nama dipakai judul itu sempat stres. Jujur saya ketakutan, karena saya tahu pada saat saya buat, cerita ini memang pernah terjadi," ujar Mandra saat jumpa pers di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022).

 

3 dari 3 halaman

Tak Berani

Cerita dalam Jadi Pocong rupanya berasal dari kejadian nyata yang kemudian diangkat menjadi sajian populer. Kenapa pada waktu itu tidak memakai judul sesuai nama tokoh, dikarenakan takut terjadi hal tak diinginkan.

"Saya sendiri tahu mengenai sejarah Mumun, makanya (di sinetron) saya tidak berani menggunakannya sebagai judul. Saya beri judul Jadi Pocong. Ini di filmnya produser minta pakai nama. Saya lemes, moga-moga nggak jadi apa-apa. Alhamdulilah kita syuting lancar," tambah Mandra.

Dalam film MUMUN, Acha Septriasa diplot memerankan tokoh Mumun saat dia masih hidup juga ketika menjadi Pocong. Ketika proses syuting, Mandra berpesan supaya tidak menjadikan nama ini sebagai bahan bercandaan lantaran sosoknya memang pernah hidup di dunia nyata.

"Kami sempat berpikir kalau film ini tadinya horor biasa, tapi ternyata nggak berhenti di situ. Mumun itu biasa dipanggil Eneng, karena Mumun itu kesayangan orangtuanya. Nama Mumun itu harus dijaga. Sebelum syuting Bang Mandra berpesan jangan ngenyekin nama Mumun karena Mumun itu memang ada dulu dan jadi legenda. Makanya selama syuting kami semua ingin menghadirkan yang terbaik buat Mumun," pungkas Acha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.