Sukses

Sederet Fakta Unik Film Mencuri Raden Saleh, Dibintangi Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, dan Kawan-Kawan

Liputan6.com, Jakarta - Film Mencuri Raden Saleh sudah tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini pun menjadi sorotan publik karena menampilkan beberapa aktris dan aktor papan atas.

Salah satunya aktor dan aktris dalam film Mencuri Raden Saleh yakni Iqbaal Ramadan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Ari Irham, dan Umay Shahab. Film Mencuri Raden Saleh ini disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini mempunyai cerita film yang disajikan dengan menarik.  Film ini mengisahkan aksi sekelompok pemuda pemudi dalam melakukan aksi pencurian terhadap lukisan karya Raden Saleh.

Sinopsis Film Mencuri Raden Saleh

Dikutip dari Wikipedia, film Mencuri Raden Saleh mengisahkan sekelompok anak muda yang berkumpul karena membutuhkan uang. 

Mereka pun merencanakan melakukan pencurian lukisan bersejarah yakni penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh yang saat itu berada di Istana Presiden yang tak ternilai harganya.

Komplotan pencuri ini terdiri dari Piko (the Forger/sang pemalsu), Ucup (the Hacker/peretas), Sarah (the Brute/ahli berkelahi), Gofar (the Handyman/si teknisi), Tuktuk (the Driver/sopir) dan Fella (the Negotiator/pandai bernegosiasi). Sebelumnya mereka adalah kumpulan anak muda biasa yang tak paham soal aksi pencurian namun memiliki keahlian di bidang masing-masing.

Aksi pencurian ini tentu tidak berjalan mudah. Apalagi lukisan tersebut disimpan di tempat yang memiliki sistem keamanan super ketat. Apa saja rencana mereka demi mendapatkan lukisan itu?

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Fakta Film Mencuri Raden Saleh

Yuk, intip beberapa fakta unik film Mencuri Raden Saleh sebagai berikut.

1. Proses pengambilan gambar Mencuri Raden Saleh dilakukan banyak tempat.

Menariknya, film ini proses pengambilan gambarnya dilakukan banyak tempat, antara lain di Jakarta dengan memanfaatkan salah satu museum di Kota Tua, Jakarta Barat. Selain itu, tim produksi film Mencuri Raden Saleh juga melakukan syuting di Surabaya untuk mendapatkan interior Istana Negara.

2. Karya Angga Dwimas Sasongko Termahal

Angga Dwimas Sasongko sang sutradara film ini pun mengakui bahwa film ini merupakan karyanya yang termahal yang pernah dia buat. Karyanya ini menghabiskan Rp.20 M untuk biaya produksinya.

3. Film bergenre heist pertama 

Sesuai dengan judulnya 'Mencuri Raden Saleh', film ini merupakan film pertama bergenre heist yang diproduksi Visinema. Genre ini ialah genre perampokan yang menjadi salah satu jenis dari genre film kejahatan.

Film bergenre heist ini umumnya menampilkan keterampilan, kecerdikan, serta keberanian para penjahat atau perampok yang terampil dalam melakukan aksi jahatnya.

3 dari 4 halaman

Proyek Paling Mahal

4.  Iqbaal Ramadhan belajar dengan Maestro Indonesia Untuk mendalami karakter sebagai Piko. 

Iqbaal Ramadhan secara langsung belajar melukis dengan Maestro Indonesia Suharmanto dan Dedy Sufriadi di Yogyakarta. karena iqbal belum terbiasa untuk melukis.

5. Sang sutradara sebut film Mencuri Raden Saleh proyek paling mahal

Menurut Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara dan penulis naskah, film Mencuri Raden Saleh merupakan suatu proyek paling mahal, dan ambisius yang pernah digarap oleh Visinema Pictures.

Menurutnya, mengatakan bahwa naskah film ini bergenre perampokan yang sudah ditulis selama empat tahun dengan proses melalui empat penulis, dan biaya yang dihabiskan untuk produksi film Mencuri Raden Saleh mencapai lebih dari Rp20 miliar. 

6. Ari Irham mengalami hal tak mengenakkan selama proses pembuatan film.

Selama pembuatan film, Ari Irham menabrak ketika dia mengendarai truk. Dia pun mengakui bahwa ia sempat mengalami kesulitan mengendarai  truk karena ia belum terbiasa mengendarai truk.

4 dari 4 halaman

Menghancurkan 20 Mobil

7. Menghancurkan 20 Mobil baru

Dari proses syuting film Mencuri Raden Saleh ini mengakibatkan 20 mobil baru hancur, sehingga hal ini menyebabkan biaya produksi yang mahal.

8. Angga Yunanda mengikuti kelas hacker profesional

Angga Yunanda mengakui bahwa saat dia mendalami karakter hacker profesional, dia pun juga turut mengikuti kelas hacker, dan Angga juga mempraktekkan hal tersebut dalam proses pembuatan film tersebut.

9. Rachel Amanda juga turut belajar trik kartu.

Demi mendalami karakter Fella, Rachel Amanda pun juga turut mendalami beberapa trik-trik khusus dalam permainan kartu.

10. Andrea Dian dan Ganindra Bimo turut bermain dalam film Mencuri Raden Saleh.

Pasangan suami-istri Andrea Dian dan Ganindra Bimo bermain bersama berperan sebagai polisi, dan menjadi comeback Andrea Dian dalam layar kaca, karena sebelumnya ia sibuk mengurus suami.

11.  Film Mencuri  Raden Saleh, bertabur bintang papan atas.

Film Mencuri Raden Saleh juga turut mengajak beberapa aktor senior dalam film ini, salah satunya Tio Pakusadewo, dan Dwi Sasono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.