Sukses

Sering Pakai GPS Ternyata Tak Baik untuk Otakmu, Ini Sebabnya

Ternyata sering memakai GPS tidak baik untuk otak. Ini sebabnya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menemukan bahwa menggunakan GPS untuk berkeliling di mobil Anda telah menjadi kebiasaan, Anda mungkin ingin memikirkannya kembali. Mengandalkan GPS dan mematikan sistem navigasi internal kita sendiri sebenarnya dapat merusak otak dan menghambat memori secara keseluruhan.

Itulah saran dari sebuah studi oleh para peneliti neurologis, yang menemukan bahwa otak pengguna GPS yang sering berbeda secara kritis daripada orang-orang yang tidak begitu bergantung pada teknologi.

Memori Spasial Berisiko?

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports mengamati 50 pengemudi. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang lebih sering menggunakan GPS memiliki memori spasial yang lebih buruk, ini merupakan kemampuan untuk mengingat posisi objek dan tempat, ketika mencoba bernavigasi tanpa teknologi pemetaan.

Ketika 13 peserta diuji ulang tiga tahun kemudian, penggunaan GPS yang lebih sering dikaitkan dengan memori spasial yang lebih buruk.

Perbedaan Ditemukan Antara Pengguna GPS Sesekali dan Sering

"Kami melakukan tes memori spasial dan menemukan bahwa degradasi berkorelasi dengan frekuensi GPS," kata Véronique Bohbot, rekan penulis studi dan profesor psikiatri di McGill University, di Toronto Star.

"Ada perbedaan antara orang yang menggunakan GPS setiap hari untuk setiap perjalanan dan orang yang tidak menggunakan GPS sama sekali atau hanya sesekali, katakanlah sebulan sekali."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memori Spasial Meningkatkan Bagian Penting dari Otak

"Apa yang kami temukan adalah ketika orang memiliki memori spasial yang baik, mereka memiliki lebih banyak aktivitas dan lebih banyak materi abu-abu di hipokampus," kata Bohbot. "Kami juga menemukan bahwa orang yang memiliki memori spasial yang lebih baik memiliki kognisi yang lebih baik dan lebih sedikit risiko penyakit Alzheimer."

Para peneliti telah lama percaya bahwa hippocampus yang kuat—yang tidak mengalami atrofi (atau menyusut)—melindungi dari perkembangan demensia seperti Alzheimer. Itu sebabnya mereka menganjurkan untuk tetap aktif secara mental seiring bertambahnya usia. Mereka meringkasnya menjadi sebuah kebenaran: Anda harus menggunakan otak Anda, atau Anda akan kehilangannya.

Apakah Navigasi di mana Memori Dimulai?

"Para antropolog telah melangkah lebih jauh dengan menyarankan bahwa kebutuhan navigasi mungkin menjadi titik awal untuk semua ingatan," jelas tiga ilmuwan dalam artikel Mei 2021 di Scientific American.

"Misalnya, teknik mnemonik untuk mengingat angka besar seperti angka pi sering bergantung pada "istana memori" (atau 'metode lokus') yang dibuat terkenal oleh Cicero, dengan beberapa lantai dan ruang terhubung di mana seseorang secara mental menyimpan angka tersebut. Seseorang kemudian dapat mengingat urutan angka yang panjang melalui navigasi imajiner."

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Hidup Lebih Sehat Melalui GPS?

Para ahli tidak mengatakan Anda tidak boleh menggunakan GPS. "Saya pikir tidak realistis untuk meminta orang berhenti sepenuhnya menggunakan GPS mereka," kata Bohbot.

"Tapi setidaknya kita bisa memberikan saran tentang cara yang lebih sehat untuk menggunakan alat yang membantu kita bernavigasi."

Sarannya: matikan dalam perjalanan pulang; lihat peta GPS fisik sebelum Anda pergi dan lihat apakah Anda dapat mengingatnya; jangan panik jika Anda tersesat—cobalah untuk menemukan jalan kembali.

 

Ini Tanda-Tanda Kelelahan Mental yang Tak Boleh Anda Abaikan

Pada tahun 2019, burnout secara resmi diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “fenomena pekerjaan”. Yang lebih buruk adalah banyak yang tidak menyadari bahwa mereka bahkan dalam keadaan ini karena sudah menjadi gaya hidup.

Kelelahan mental dapat terjadi ketika otak Anda menerima terlalu banyak stimulasi atau harus mempertahankan tingkat aktivitas yang intens tanpa istirahat, kata Healthline.

Sementara Mind, menggambarkan kelelahan mental sebagai “keadaan kelelahan fisik dan emosional.

Kelelahan yang intens ini dapat terjadi setelah stres jangka panjang yang paling sering terjadi di tempat kerja atau ketika seseorang telah bekerja dalam peran yang menguras fisik atau emosional untuk waktu yang lama.

Penting untuk dicatat bahwa kelelahan mental tidak selalu terkait dengan pekerjaan karena serangkaian peristiwa dapat memicu kondisi tersebut.

Apa saja tanda-tanda peringatan Anda mungkin mengalami kelelahan?

4 dari 5 halaman

1. Kebiasaan yang tidak sehat

Ketika merasa sangat lelah secara mental, beralih ke zat psikotropika atau obat-obat untuk membantu memberikan dorongan adalah kebiasaan yang umum.

“Kelelahan mental dapat berdampak lebih parah pada mereka yang sudah memiliki gangguan penggunaan zat tertentu,” jelas WebMD.

Kaitannya sering kali karena kecanduan narkoba “mengubah bagian otak yang membantu Anda mengelola stres dan perilaku kompulsif”.

 

2. Sakit dan nyeri

Keluhan seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung atau masalah perut adalah hal yang biasa terjadi pada kelelahan mental.

"Jika Anda memiliki penyakit yang berkelanjutan, seperti fibromyalgia, Anda mungkin merasa sedikit lebih sakit dari biasanya," tambah WebMD.

 

3. Kurang tidur

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa orang yang memiliki pekerjaan dengan "beban kerja kognitif" tinggi melaporkan lebih banyak gejala insomnia daripada mereka yang tidak memiliki pekerjaan yang melelahkan secara mental.

Masalah tidur ini muncul karena efek samping emosional dari kelelahan mental seperti kecemasan atau Depresi. Kurangnya istirahat tentu saja dapat memperburuk kelelahan mental. Secara kebetulan, berada dalam keadaan waspada dan khawatir yang konstan membuat Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak.

5 dari 5 halaman

Tanda-tanda kelelahan lainnya termasuk:

  • Merasa lelah atau terkuras hampir sepanjang waktu
  • Merasa tidak berdaya, terjebak dan/atau dikalahkan
  • Merasa terpisah/sendirian di dunia
  • Memiliki pandangan sinis/negatif
  • Keraguan diri
  • Menunda-nunda dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sesuatu
  • Merasa terbebani. 

 

Sementara itu, pemicu kelelahan mental meliputi:

  • Memiliki pekerjaan yang menuntut atau tekanan tinggi
  • Bekerja berjam-jam tanpa mengambil cuti untuk istirahat
  • Mengalami tekanan keuanganKetidakpuasan kerja
  • Memberikan perawatan untuk orang yang dicintai yang sakit atau berkebutuhan khusus
  • Hidup dengan penyakit kronis atau kondisi kesehatan mental
  • Kehilangan orang yang dicintaiMemiliki bayi
  • Kurangnya keseimbangan kehidupan kerja atau dukungan emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.