Sukses

Atasi Insomnia dengan 5 Makanan Terbaik Ini

Artikel ini mengulas tentang 5 makanan terbaik untuk mengatasi insomnia

Liputan6.com, Jakarta - Insomnia bisa jadi permasalahan tersendiri jika terus berulang. Sulit fokus, lelah, suasana hati yang buruk sangat dirasakan oleh penderita insomnia. Efeknya, kehidupan di siang hari pun tidak bisa berjalan normal sebagaimana mestinya.

Dilansir dari NHS UK, Selasa (2/8/2022), seseorang yang terserang insomnia apabila ia mengalami sulit tidur, selalu terbangun beberapa kali di malam hari, bangun pagi dan tidak bisa kembali tidur, masih merasa lelah setelah bangun tidur, serta sulit tidur siang padahal sangat merasa lelah. Selain itu, orang yang insomnia sering kali mudah tersinggung dan kesulitan berkonsentrasi di siang hari akibat kelelahan.

Adapun kebutuhan tidur per hari setiap orang berbeda-beda. Perkiraan kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam, anak-anak 9 hingga 13 jam, sementara bayi dan balita membutuhkan 12 hingga 17 jam tidur per harinya.

Berikut ini beberapa penyebab umum insomnia yang perlu Anda ketahui:

a. Stres, cemas, dan depresi

b. Terlalu bising

c. Ruangan yang terlalu panas atau dingin

d. Tempat tidur yang tidak nyaman, e. Banyak konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin

f. Pengaruh narkoba seperti kokain atau ekstasi

g. Jam kerja yang berantakan

Sebenarnya insomnia bukanlah penyakit, melainkan gejala permasalahan tidur. Insomnia bisa diatasi dengan beberapa perubahan gaya hidup, termasuk dari segi makanan.

Berikut ini 5 makanan terbaik untuk mengatasi insomnia, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Madu dan Cuka

Baik madu dan cuka dapat bantu tingkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang memberikan rasa senang dan perbaiki suasana hati. Serotonin diubah oleh tubuh jadi melatonin, yaitu hormon yang atur lama serta kualitas tidur.

Untuk mendapatkan minuman ini, campur 2 sdm cuka apel dengan madu. Minum beberapa jam sebelum Anda tidur. Murah sekaligus bermanfaat!

2. Jujube

Buah jujube mungkin masih asing didengar. Namun buah kecil berwarna merah ini punya banyak manfaat, termasuk atasi insomnia dan kecemasan.

Dalam ekstrak jujube, terdapat senyawa kimia bernama “jujuboside A”. Jujuboside A pengaruhi bagian hippocampus otak untuk stimulasi rasa tenang.

Rasa tenang ini mendorong penderita insomnia untuk tidur lebih pulas. Karena itu, ekstrak jujube kadang digunakan sebagai pengganti obat penenang.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Kacang-kacangan

 Hampir setiap jenis kacang, termasuk almond dan walnut, merupakan sumber melatonin. Seperti yang sudah dijelaskan, melatonin adalah hormon yang mengatur rasa ngantuk dan waktu tidur.

Selain itu, kacang juga mengandung magnesium. Magnesium ini bisa turunkan kadar hormon kortisol (penyebab stres), sehingga kualitas tidur penderita insomnia akan jadi lebih baik.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi satu genggam kacang (28 gram) beberapa jam sebelum tidur.

4. Chamomile

Teh atau bunga chamomile sudah cukup terkenal beberapa waktu belakangan. Tentu saja, sebab kandungan antioksidannya turunkan resiko terkena penyakit degeneratif.

Dan ternyata chamomile juga mengandung antioksidan bernama “apigenin”. Antioksidan ini akan berikatan dengan reseptor pada otak dan picu rasa kantuk.

Belum lagi manfaat chamomile yang dapat turunkan tingkat stres serta depresi, 2 faktor penyebab insomnia. Penelitian menyebutkan bahwa terjadi peningkatan kualitas tidur pada orang yang minum teh chamomile selama 2 minggu rutin.

 

4 dari 4 halaman

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan beragam kandungan gizi. Salah satunya adalah serotonin, yaitu hormon pengatur siklus tidur. Penelitian yang dilakukan berkesimpulan bahwa konsumsi 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur dapat tidur nyenyak lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.