Sukses

6 Bendera Merah Persahabatan yang Harus Diketahui untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kita dapat setuju bahwa kita memiliki satu teman yang selalu membuat kita gelisah, atau bahwa kita mengenal seseorang yang beracun dan membawa stres dan tekanan ke dalam hidup kita, namun kita berteman dengan mereka untuk beberapa alasan.

Namun, ketika dihadapkan dengan skenario yang tidak nyaman, bendera merah atau red flags adalah mereka yang menunjukkan pola yang dapat dengan mudah dikenali dan diidentifikasi oleh orang lain.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda menentukan apakah seseorang yang Anda pikir adalah teman itu beracun dan 6 tanda bahaya dalam persahabatan yang harus Anda waspadai.

1. Memahami dua sisi hampir tidak ada

Jika Anda mengenal seseorang yang selalu pergi saat Anda membutuhkannya dan hanya muncul saat mereka membutuhkan Anda, itu bisa menjadi tanda peringatan. Memiliki perasaan atau kekhawatiran sepihak lebih umum daripada yang Anda yakini, tetapi ini tidak berarti bahwa setiap orang yang seperti ini adalah bendera merah.

Selama orang itu tidak peduli dengan kebutuhan Anda, yang terbaik adalah mengambil tindakan. Bukan karena mereka menyukai Anda atau apa, tetapi karena mereka ingin mendapatkan sesuatu dari Anda.

Hubungan yang sehat harus bekerja dengan dua cara. Ini berlaku untuk semua jenis, dan tidak seharusnya hanya satu orang yang bekerja atau membuat cara untuk mewujudkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Bahkan batasan pun tidak bisa menghentikannya

Kita semua sadar bahwa batasan adalah sesuatu yang harus dihormati oleh individu, bukan hanya karena suatu hubungan, tetapi juga untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda mengenali area mereka. Di sisi lain, orang yang benar-benar beracun tidak tahu ruang pribadi apa pun.

Jika orang itu sadar bahwa melakukan hal itu akan mengganggu atau membahayakan Anda dalam beberapa cara dan masih terus melakukannya, mereka adalah seseorang yang tidak peduli sejak awal.

Orang itu bisa melakukannya karena berbagai alasan, seperti percaya bahwa mereka bersaing dengan Anda dan dengan demikian perlu melakukan sesuatu yang benar-benar membuat Anda lengah, atau mereka hanya ingin menyakiti perasaan Anda.

Jika Anda memberi tahu mereka bahwa itu salah, mereka bahkan dapat membuat Anda tampak seperti orang jahat.

3. Ini semua tentang mereka dan hanya mereka

Orang-orang yang menunjukkan gejala terus-menerus menjadi sorotan. Mereka membuat segalanya tentang mereka dan menceritakan kisah-kisah tentang kehidupan mereka, tetapi bagaimana dengan Anda? Orang-orang ini bahkan memilih orang tentang kehidupan mereka dan bagaimana mereka harus menjalaninya, membuat komentar tentang tubuh dan gaya hidup mereka tanpa mempertimbangkan sentimen Anda.

Mereka terus menyuruhmu melakukan ini dan itu, makan ini dan itu, tetapi setelah beberapa saat, itu akan melelahkan karena berbicara dengan mereka seperti efek kebalikan dari minum kopi karena mereka melemahkan vitalitasmu. Anda tidak hanya merasa tidak enak dengan dompet, perhiasan, atau gaya hidup baru yang baru Anda beli, tetapi Anda juga merasa tidak enak dan kesal dengan diri sendiri.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 5 halaman

4. Ini seperti berada di rollercoaster, tetapi Anda terjebak di bagian bawah

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, orang yang tidak peka ini membuat segalanya tentang mereka sehingga mereka selalu di atas permainan mereka. Di sisi lain, Anda terdampar di dasar, tidak bisa bergerak. Terkadang orang menyesuaikan diri sehingga orang-orang di sekitar mereka akan menerimanya, tetapi menjadi diri sendiri bisa jadi sulit.

Saat Anda maju dengan orang ini, kesehatan mental dan fisik Anda memburuk; segala sesuatu tentang Anda tampak salah ketika Anda berada di sekitar mereka. Itu akan menyakitkan, dan beberapa orang cukup beruntung untuk dapat menjauh dari orang ini, tetapi yang lain tidak; beberapa akan mengembangkan kepribadian baru yang bertentangan dengan keinginan mereka, tetapi mereka melakukannya untuk mengesankan orang lain.

Kebiasaan baru ini buruk jika Anda melakukan sesuatu yang tidak nyaman bagi Anda, dan Anda tahu itu salah. Tapi tetap saja, karena penilaian dan komentar yang tidak sensitif, sulit untuk menjadi diri sendiri, terutama jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tidak peduli dengan apa yang mereka katakan.

 

4 dari 5 halaman

5. Anda adalah buku harian pribadi mereka

Menjadi beracun tidak membeda-bedakan pria dan wanita, beberapa pertemanan itu beragam, dan bisa siapa saja. Ini adalah tipe orang yang menganggap Anda sebagai buku harian pribadi mereka, di mana mereka berbicara tentang kehidupan dan masalah mereka dan mengeluh tentang Anda atau mereka. Bisa jadi karena Anda tidak cukup untuk mereka atau tidak mendengarkan mereka, tetapi satu hal yang pasti: segala sesuatu tentang Anda dipertanyakan di mata mereka.

Ini semua tentang kekurangan Anda, terlepas dari kenyataan bahwa Anda telah melakukan begitu banyak sehingga mereka tidak peduli atau tidak peka. Mereka memperlakukan Anda seolah-olah Anda adalah terapis pribadi mereka, dan Anda hanya diizinkan untuk mendengarkan mereka.

Anda bertindak seperti jurnal, tahu persis apa yang mereka alami tetapi tidak dapat mengatakan apa-apa karena mereka akan menyerang Anda jika Anda mengatakan sesuatu.

 

5 dari 5 halaman

6. Tanggung jawab mereka sebenarnya bukan milik mereka

Orang-orang ini membenci menerima tanggung jawab atas tindakan mereka kecuali mereka tertangkap basah, dalam hal ini mereka kemungkinan besar akan membujuk Anda untuk tidak melakukannya. Mereka akan melakukan apa saja untuk menghindari tanggung jawab karena mereka kurang kesadaran diri dan karenanya tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sebenarnya merugikan orang lain.

Akibatnya, ini akan mengarah pada persahabatan yang sangat tidak sehat dengan mereka, dan sulit jika seseorang dapat menerima kesalahan mereka karena Anda akan terus menyesuaikannya sampai Anda terpengaruh, yang semuanya bisa runtuh dalam satu sekejap.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS