Sukses

Jangan Terkecoh, Kenali Bedanya Gejala Omicron dan Alergi Biasa

Ketika memahami perbedaan antara Covid-19 varian Omicron dan alergi, kita harus melihat di luar gejala pernapasan umum yang mereka alami.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal Covid-19 varian Omicron, jenis gejala yang umumnya terkait dengan penyakit telah berubah. Sementara dengan varian Delta, gejalanya lebih parah dan mengancam jiwa, dengan Omicron, penyakitnya lebih ringan.

Melansir dari Times of India, Kamis (21/7/2022), menurut para ahli, sementara Delta mempengaruhi saluran pernapasan bagian bawah. Omicron dikatakan menyerang saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala sakit tenggorokan, pilek, bersin, sakit kepala, nyeri otot, demam dan lainnya.

Namun, gejala pernapasan atas ini juga dilaporkan pada orang yang mengalami alergi, yang disebabkan oleh sifat yang sama sekali berbeda, yaitu zat di udara seperti serbuk sari.

Oleh karena itu, hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit kepala dan kelelahan juga merupakan gejala alergi, yang bisa membuat sulit untuk mengidentifikasi penyebab penyakit Anda.

Ketika memahami perbedaan antara Covid-19 varian Omicron dan alergi, kita harus melihat di luar gejala pernapasan umum yang mereka alami. Misalnya, masa inkubasi bisa bervariasi dalam kedua kondisi ini.

Dalam hal reaksi alergi terjadi dalam hitungan detik atau menit setelah terpapar alergi dan bisa berlangsung dari hari ke bulan, tergantung berapa lama Anda kontak dengan pemicu alergi dan waktu singkat setelahnya.

Dengan Omicron, para ahli mengatakan masa inkubasi sekitar dua hingga empat hari, yang umumnya lebih pendek dari varian sebelumnya.

Setelah itu, infeksi dengan Omicron cenderung membuat Anda merasa tidak nyaman, sedangkan alergi tidak menyebabkan ketidaknyamanan seperti itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala yang bisa membantu membedakan antara Omicron dan alergi

Menurut Scott Feldman, MD, PhD, asisten profesor kedokteran klinis di divisi alergi dan imunologi di University of Pennsylvania Health System, demam adalah tanda Covid-19.

“Ini karena kenaikan suhu tubuh menunjukkan bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi,” jelasnya.

Gejala lain yang membedakan Covid-19 dari semua penyakit pernapasan lainnya adalah hilangnya indera penciuman dan perasa, yang sangat tidak mungkin terjadi pada kondisi lain.

Pada individu dengan alergi, sebagian penurunan bau akan timbul karena hidung tersumbat. Namun, itu tidak sekuat dan tahan lama seperti Covid-19.

Selain itu, dengan alergi, seseorang cenderung mengalami mata gatal dan berair, yang tidak umum dengan gejala Omicron.

 

3 dari 3 halaman

Faktor lain yang perlu diperhatikan

Ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan. Misalnya, jika Anda memiliki riwayat alergi, Anda cenderung lebih rentan terhadap alergi dan bisa mengenali pola dan paparan tertentu yang akan berulang.

Ketika datang ke alergi musiman, beberapa individu akan mengalami gejala pada waktu yang sama setiap tahun dan dalam keadaan yang sama.

Cara terbaik dan paling bisa diandalkan untuk mengetahui apa yang Anda derita yakni dengan melakukan tes Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Gejala Covid Omicron

  • COVID-19 varian baru telah masuk ke Indonesia. Tiga varian mutasi yang telah masuk itu dikenal dengan sebutan Alpha, Beta, dan Delta.

    gejala covid

  • Alergi

  • Adalah