Sukses

Menurut Studi, Ini Usia Terbaik Bagi Pria untuk Menjadi Seorang Ayah

Ternyata ini usia terbaik bagi pria untuk menjadi seorang ayah

Liputan6.com, Jakarta Pria sering berpikir bahwa usia mereka tidak masalah dalam hal memiliki anak dan jam biologis hanya penting untuk ibu yang mengandung anak. Namun, jumlah dan kualitas sperma menurun seiring bertambahnya usia Anda.

Dari sudut pandang biologis, para ahli merekomendasikan seorang pria paling cocok untuk menjadi ayah dari usia akhir 20-an hingga awal 30-an.

Masih mungkin bagi pria berusia 50-an dan lebih tua untuk menjadi ayah seorang anak. Menurut Guinness World Records, pria tertua yang menjadi ayah seorang anak berusia 92 tahun pada saat kelahiran. Namun, para peneliti telah menemukan bahwa usia pria dapat memengaruhi peluang pasangan untuk hamil. Pria berusia di atas 40 tahun memiliki kemungkinan sukses yang lebih rendah.

Jam biologis pria

Pria biasanya tidak pernah berhenti memproduksi sperma tetapi itu tidak berarti mereka tidak memiliki 'jam biologis' seperti wanita. Seiring bertambahnya usia pria, spermanya mengalami mutasi genetik yang meningkatkan kemungkinan DNA spermanya rusak.

Hal ini dapat mempengaruhi kesuburan dan juga menciptakan dampak potensial pada kesehatan anak-anaknya di masa depan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ayah dari 'usia ayah yang lanjut' mungkin lebih mungkin untuk memiliki anak dengan gangguan perkembangan saraf. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mengamati bahwa keturunan pria berusia di atas 40 tahun memiliki risiko lima kali lipat terkena Autism Spectrum Disorder dibandingkan dengan populasi umum.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

​Kesehatan dan kesuburan sperma

Kesehatan sperma dapat bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi peluang kesuburan. Dari segi kuantitas, kesuburan kemungkinan besar terjadi jika air mani yang dikeluarkan dalam satu ejakulasi mengandung setidaknya 15 juta sperma per mililiter. Terlalu sedikit sperma dalam ejakulasi mungkin membuat lebih sulit untuk hamil.

Ketika datang ke motilitas sperma, kehamilan mungkin terjadi dengan kurang dari 40% sperma dalam ejakulasi bergerak, dengan 40% menjadi ambang batas karena semakin banyak peluang kesuburan yang lebih baik.

​Faktor gaya hidup yang menghambat kesuburan

Ada banyak faktor gaya hidup yang bisa menghambat kualitas sperma Anda. Ini termasuk pola makan yang buruk, merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba dan obesitas. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak secara efisien melalui saluran reproduksi wanita untuk mencapai dan membuahi sel telur. Merokok telah dikaitkan tidak hanya dengan penurunan kualitas sperma, tetapi juga jumlah dan motilitasnya.

 

3 dari 4 halaman

Berapa lama Anda harus menunggu?

Berapa usia yang terlalu muda untuk menjadi seorang ayah? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health menemukan bahwa menjadi seorang ayah sebelum usia 25 tahun dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius dan bahkan dapat menyebabkan kematian dini di usia paruh baya.

Studi ini menemukan bahwa pria yang menjadi ayah lebih awal dalam kehidupan lebih cenderung memiliki kesehatan yang buruk dan meninggal lebih muda daripada mereka yang menunda menjadi ayah hingga mereka berusia 30 hingga 44 tahun.

Selain itu, ada sejumlah besar tekanan psikologis dan finansial yang bisa datang dengan memiliki anak di masa dewasa awal Anda ketika Anda tidak sepenuhnya siap untuk itu.

 

4 dari 4 halaman

​Cara menghasilkan sperma yang optimal

Untuk menghasilkan sperma yang optimal, penting untuk mengonsumsi makanan sehat. Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan beberapa kilo akan membuat Anda lebih mudah untuk hamil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya antioksidan juga dapat membantu.

Kurangi alkohol dan merokok untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Berhenti dari keduanya secara bertahap adalah pilihan terbaik. Jaga selangkangan Anda tetap dingin karena testis Anda menghasilkan sperma terbaik ketika mereka sedikit lebih dingin daripada bagian tubuh Anda lainnya.

Untuk melakukannya, hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat, mengistirahatkan laptop di pangkuan dalam waktu lama, menghabiskan banyak waktu di lingkungan yang panas, atau duduk dalam waktu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.