Sukses

Bantu Mengikis Lemak Perut, 5 Makanan Ini Dapat Menekan Keinginan untuk Ngemil

Berikut ini makanan yang dapat menekan keinginan untuk mengemil dan membantu mengikis lemak perut

Liputan6.com, Jakarta Lemak perut bukan hanya masalah jika Anda memimpikan perut six pack, tetapi juga dapat memiliki implikasi kesehatan yang serius karena mengelilingi organ vital Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Springer Open, cara terbaik untuk membantu tubuh membakar lemak tubuh adalah dengan minum banyak air, berolahraga secara teratur, dan makan apa yang disebut makanan termogenik.

Makanan termogenik dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori dengan meningkatkan thermogenesis, sebuah proses di mana tubuh membakar kalori untuk memanfaatkan makanan yang baru saja dimakan, mengubah kalori tersebut menjadi panas.

Tubuh terutama membakar kalori yang dikonsumsi melalui pemeliharaan fungsi metabolisme yang teratur dan melalui aktivitas fisik, namun, beberapa kalori juga dibakar melalui termogenesis yang diinduksi diet.

Makanan apa yang termasuk termogenik?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, sebenarnya makanan-makanan apa saja yang dapat membantu Anda membakar kalori tanpa bekerja keras? Makanan-makanan tersebut ternyata mudah ditemukan dan dekat dengan Anda sehari-hari.

Di bawah ini adalah beberapa makanan termogenik yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak perut.

  • Capsaicin dalam cabai
  • Rempah-rempah tertentu seperti lada hitam
  • Jahe
  • Minyak kelapa
  • Protein

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagaimana protein membantu membakar lemak perut?

Protein bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi lemak perut. Tujuan utamanya adalah untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, yang berarti itu adalah bagian penting dari kelangsungan hidup Anda.

Menurut penyedia kesehatan Bupa, “protein dapat menjadi cara yang membantu untuk menurunkan berat badan karena membuat Anda merasa lebih kenyang daripada karbohidrat dan lemak."

Ia menambahkan: "Jika Anda memasukkan sumber protein tanpa lemak dalam makanan Anda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak terlalu lapar, jadi makan lebih sedikit."

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi mengurangi keinginan ngemil hingga 60%. Juga telah ditetapkan bahwa konsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity pada tahun 2011, efek protein makanan pada nafsu makan yang dirasakan selama penurunan berat badan diselidiki.

Para peneliti bereksperimen pada sampel 27 pria yang kelebihan berat badan dan obesitas. Sampel dibagi menjadi tiga kelompok, dua di antaranya mengonsumsi protein tinggi tiga atau enam kali sehari, sementara yang ketiga mengonsumsi tiga kali makan tradisional.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Studi tersebut menetapkan bahwa meningkatkan asupan protein untuk memenuhi 25% kalori dapat mengurangi keinginan ngemil hingga 60%. Temuan itu juga mengungkapkan hal ini bisa mengurangi keinginan ngemil di malam hari hingga setengahnya.

Apa saja risiko lemak perut?

Kelebihan lemak perut bisa berbahaya karena mengelilingi organ dalam dan menempatkan Anda pada risiko lebih besar untuk mengembangkan beberapa jenis masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes dan masalah hati.

Ketika profesional medis merujuk pada lemak perut, mereka mengacu pada lemak visceral sebagai lawan dari lemak subkutan. Secara sederhana, ini berarti lemak yang disimpan lebih dalam di dalam tubuh Anda, lebih dekat ke organ Anda.

Lemak visceral umumnya diakui lebih berbahaya daripada lemak subkutan.

4 dari 5 halaman

4 Manfaat yang Akan Anda Dapatkan Jika Mandi Air Dingin Setiap Hari

Meskipun tidak ada yang terdengar semenarik mandi air hangat yang menenangkan setelah hari yang sibuk, mandi air dingin sebenarnya jauh lebih baik untuk Anda. 

Manfaat air dingin bagi kesehatan dan kecantikan Anda jauh melampaui panggilan bangun tidur di pagi hari. Dan, faktanya, ini bahkan dapat membantu Anda lebih cepat masuk ke dalam skinny jeans Anda. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan manfaat yang akan didapat jika Anda rutin mandi air dingin setiap hari. 

1. Dapat bermanfaat bagi berbagai bagian tubuh Anda

Selain membangunkan Anda di pagi hari dan membantu Anda merasa segar, mandi air dingin merangsang saraf vagus Anda. Saraf ini mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh Anda, termasuk usus, jantung, kantong empedu, dan organ kesuburan. Mandi air dingin dapat sangat bermanfaat bagi ginjal Anda karena air dingin mengurangi kadar asam urat, membantu ginjal Anda mengatasi beban racun dengan lebih mudah.

2. Dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Meskipun kebanyakan orang terbiasa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur, mandi dengan air dingin sebenarnya bisa sama efektifnya. Air dingin menurunkan kadar hormon stres Anda, membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan meningkatkan hormon perasaan baik Anda dan mencegah insomnia.

5 dari 5 halaman

3. Membuat rambut Anda berkilau

Jika Anda ingin rambut Anda lebat dan sehat, menghabiskan banyak uang untuk sampo dan kondisioner mahal mungkin tidak cukup. Sesuatu yang sederhana seperti menurunkan suhu air dapat bermanfaat bagi kunci Anda dan membuatnya bersinar alami. 

Tidak seperti air panas, air dingin tidak mengeringkan rambut Anda dan menutup serta memperkuat kutikula rambut. Saat Anda mencuci rambut dengan air yang sedikit dingin, lapisan sebum tetap utuh, dan rambut Anda membutuhkan penghalang yang dilumasi secara alami ini agar tetap terhidrasi. 

4. Dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Jika Anda pernah mencoba menurunkan berat badan, Anda tahu betapa melelahkannya itu. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan, dan mandi air dingin adalah salah satunya. Ketika Anda mengekspos tubuh Anda ke kondisi dingin, itu mengaktifkan sel-sel lemak coklat yang pada gilirannya menghasilkan panas dan membantu Anda membakar kalori lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.