Sukses

9 Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta - Kaki bengkak saat hamil normal terjadi karena meningkatnya volume darah dan cairan di tubuh secara pesat. Kondisi ini merupakan mekanisme tubuh pada ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan janin dan membantu tubuh siap melahirkan.

Anda juga tak perlu khawatir jika pembengkakan tidak disertai gejala serius lainnya, seperti pendarahan, sakit kepala, sesak napas, nyeri perut, dan gangguan penglihatan.

Meski demikian, kaki bengkak saat hamil tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Mulai dari cincin yang tiba-tiba terasa sempit di tangan, hingga ukuran sepatu yang lebih besar dari sebelumnya.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (26/5/2022), Anda bisa mencegah dan mengatasi kaki bengkak saat hamil dengan cara-cara yang mudah dilakukan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1. Kurangi Asupan Natrium

Cara simpel pertama untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil yaitu dengan mengurangi asupan garam. Garam membuat tubuh Anda menahan kelebihan air.

Karena itu hindarilah makanan kalengan dan olahan yang tinggi natrium, serta kurangi pemakaian garam meja dalam menu makanan harian Anda. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan penyedap alami lainnya seperti rosemary, thyme, dan oregano.

2. Meningkatkan Asupan Kalium

Kekurangan kalium bisa menyebabkan pembengkakan di kaki Anda memburuk. Kalium dipercaya dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Selain memperoleh kalium dari vitamin yang diberikan dokter, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan berkalium tinggi, seperti kentang, pisang, bayam, kacang-kacangan, wortel, jeruk, yogurt, dan ikan salmon.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Kurangi Asupan Kafein

Mengonsumsi kafein sesekali pada masa kehamilan memang tidak berbahaya. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memperburuk pembengkakan pada kaki dan tidak baik untuk kesehatan janin.

Kafein bersifat diuretik, yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Hal tersebut membuat tubuh berpikir Anda kekurangan cairan dan menahan kelebihan cairan hingga terjadi pembengkakan.Hindari minum kopi terlalu banyak dan ada baiknya untuk mengganti dengan susu atau teh herbal untuk meningkatkan energi.

4. Minum Air Putih Lebih Banyak

Dalam sehari, setidaknya Anda perlu minum 10 gelas air putih. Hal itu bermanfaat untuk kesehatan ginjal dan menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah pembengkakan pada saat kehamilan. Anda juga bisa mencampurkan lemon atau daun mint untuk memberikan sensasi lebih nikmat saat minum air putih.

3 dari 4 halaman

5. Hindari Terlalu Lama Berdiri dan Istirahatkan Kaki

Saat hamil hindarilah berdiri dalam waktu yang terlalu lama tanpa adanya perubahan gerakan. Terlalu lama berdiri bisa meningkatkan tekanan pada tungkai dan kaki sehingga terjadi pembengkakan.

Saat istirahat, berbaringlah dan angkat kaki Anda ke posisi lebih tinggi. Tekuk dan regangkan kaki Anda ke atas dan ke bawah sebanyak 30 kali, dan putar kedua kaki sebanyak 8 kali. Hal ini dapat membantu tumpukan cairan di kaki Anda mengalir lebih lancar.

6. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Tidur dengan posisi miring ke kiri dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi kaki bengkak saat hamil. Sebab, posisi tidur menghadap kiri dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah besar yang mengalirkan darah ke jantung.

7. Perbanyak Jalan Kaki

Berjalan kaki selama 5 sampai 10 menit beberapa kali dalam sehari bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, berjalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil.

4 dari 4 halaman

8. Gunakan Pakaian Longgar dan Nyaman

Di masa kehamilan, hindarilah mengenakan pakaian yang terlalu ketat terutama di bagian sekitar pergelangan tangan, pinggang, dan kaki karena bisa memperparah pembengkakan.

Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat sirkulasi darah jadi tidak lancar. Cobalah kenakan pakaian longgar agar membuat Anda nyaman bergerak.

9. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Selain pakaian, menggunakan sepatu yang nyaman juga penting dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. Hindari menggunakan high heels karena itu bisa menyebabkan sakit pinggang dan kaki membengkak.

Itulah beberapa tips mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil. Cara-cara tersebut merupakan cara sederhana dan mudah dilakukan di masa kehamilan. Masih banyak cara lain untuk mengatasi kaki bengkak, seperti:

- Berenang

- Pijat

- Berjemur di cuaca panas

- Merendam kaki di air dingin

- Mengenakan kaus kaki kompresi

- Menjaga berat badan.