Sukses

8 Gejala Omicron Ini Umum Muncul pada Orang yang Telah Divaksinasi Lengkap

Meskipun telah divaksinasi lengkap, Anda masih bisa terinfeksi Covid-19 Varian Omicron. Berikut gejalanya

Liputan6.com, Jakarta Infeksi Covid-19 di dunia terus berfluktuasi, dengan tingkat tinggi baru-baru ini didorong oleh berakhirnya pembatasan dan meningkatnya percampuran sosial.

Dengan subvarian BA.2 menular dari Omicron yang sekarang menjadi strain dominan di seluruh dunia, para peneliti telah menemukan delapan gejala utama Covid yang biasanya muncul pada orang yang divaksinasi penuh.

Gejala tersebut disorot oleh peneliti dari Norwegia yang melakukan penelitian terhadap tamu dari pesta November 2021 di mana terjadi wabah Omicron.

Dari 111 peserta dalam penelitian tersebut, 66 orang memiliki Covid meskipun 89% telah menerima kedua dosis vaksin Covid tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi Eurosurveillance, berikut adalah delapan gejala yang dialami oleh kelompok pengunjung pesta yang divaksinasi penuh.

Gejala Covid apa yang harus dicari orang yang divaksinasi lengkap?

Delapan gejala Covid yang muncul pada orang yang ditusuk sepenuhnya sangat mirip dengan yang disebabkan oleh pilek atau flu. Ini adalah:

  • Batuk
  • Pilek
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Bersin

 

Dari jumlah tersebut, batuk, pilek, dan kelelahan ditemukan sebagai gejala yang paling umum, sementara demam dan bersin adalah yang paling tidak umum. Pakar kesehatan juga menambahkan mual sebagai gejala potensial Omicron pada orang yang divaksinasi.

Tidak seperti strain sebelumnya, yang sering muncul dengan tiga gejala klasik - demam, batuk terus-menerus dan kehilangan indra penciuman atau perasa - gejala Omicron telah ditetapkan sebagai ringan dan mirip dengan pilek.

Karena mungkin sulit untuk membedakan antara gejala Omicron dan pilek, orang-orang disarankan tinggal di rumah jika memungkinkan jika mereka merasa tidak sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa saja tanda-tanda peringatan dini Covid?

Studi ZOE Covid telah menemukan dua gejala yang bisa menjadi tanda awal infeksi Covid.

Orang yang terpengaruh oleh sub-varian Omicron siluman telah ditemukan mengalami pusing atau pingsan, yang terjadi terus menerus sepanjang hari.

Satu lagi gejala awal yang umum adalah kelelahan, yang pada gilirannya menyebabkan nyeri tubuh, otot lemah atau sakit, sakit kepala serta penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

Praktisi swasta Afrika Selatan Dr Angelique Coetzee, yang pertama kali memperingatkan varian Omicron pada akhir tahun 2021, sebelumnya mengungkapkan bahwa kelelahan adalah salah satu gejala utama Omicron.

Gejala Stealth Omicron juga muncul lebih cepat daripada jenis virus lainnya, dengan tanda-tanda infeksi yang bermanifestasi dalam dua hari setelah terinfeksi daripada empat hari biasa.

3 dari 6 halaman

Studi CDC Laporkan 75 Persen Anak-Anak dan Remaja AS Terinfeksi Covid-19 pada Februari

 Lebih dari setengah populasi di Amerika Serikat memiliki antibodi untuk Covid-19 pada akhir Februari, menurut sebuah studi baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC)

Anak-anak dan remaja sangat terpukul oleh varian Omicron selama musim dingin, dengan antibodi terdeteksi pada tiga perempat dari populasi yang sebagian besar tidak divaksinasi.

Dalam studi tersebut, CDC memeriksa sampel darah yang diambil dari semua kelompok umur, menguji antibodi spesifik yang berkembang hanya setelah infeksi Covid-19. 

“Penelitian ini hanya melihat adanya antibodi dari infeksi sebelumnya dan tidak mendeteksi antibodi dari vaksinasi atau peningkatan sebelumnya,” kata Dr. Kristie Clarke, ahli epidemiologi medis di CDC yang berfokus pada kesehatan anak. Clarke adalah penulis utama studi baru tersebut.

Tidak ada kelompok usia yang terhindar dari varian Omicron, yang mulai meluncur di seluruh negeri pada Desember; deteksi antibodi meningkat di semua kelompok, laporan itu menemukan. Secara keseluruhan, antibodi pada populasi umum meningkat dari 33,5 persen pada Desember 2021 menjadi 57,7 persen pada Februari 2022.

4 dari 6 halaman

Antibodi yang berkurang?

Dr. Rochelle Walensky, direktur CDC, mengatakan ini tidak boleh diartikan bahwa antibodi dari infeksi sebelumnya sama dengan perlindungan yang memadai terhadap penyakit di masa depan.

"Kami tidak tahu apakah perlindungan itu telah berkurang. Kami tidak tahu banyak tentang tingkat perlindungan itu daripada yang kami ketahui tentang perlindungan yang kami dapatkan dari vaksin dan booster," kata Walensky, menambahkan bahwa badan tersebut masih mendorong mereka yang memiliki antibodi yang terdeteksi dari infeksi sebelumnya untuk divaksinasi.

Peningkatan Covid-19 paling signifikan pada anak-anak tercatat dari 44,2 persen pada Desember 2021 menjadi 75,2 persen pada Februari 2022 di antara anak-anak berusia 11 tahun ke bawah, menurut laporan CDC. Persentasenya hampir sama untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun.

Temuan ini mencerminkan jumlah rekor kasus Covid-19 di antara anak-anak yang dilaporkan selama lonjakan Omicron. Pada Januari, American Academy of Pediatrics melaporkan lonjakan anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19.

"Kami terus percaya bahwa mereka yang divaksinasi, dan terutama mereka yang booster, terus memiliki perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah," kata Walensky.

5 dari 6 halaman

Infeksi baru yang menargetkan anak-anak

Infeksi baru terus menargetkan anak-anak. Pada hari Senin (25/4/2022), American Academy of Pediatrics mengatakan kasus baru Covid pediatrik telah meningkat sebesar 43 persen selama dua minggu terakhir.

Hanya 35 persen anak-anak usia 5 hingga 11 tahun telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid, menurut CDC. Selasa (26/4/2022) Pfizer mengajukan aplikasi ke Food and Drug Administration (FDA) untuk mengizinkan suntikan booster dalam kelompok usia ini. Sekitar 68 persen orang berusia 12 hingga 17 tahun setidaknya pernah mendapatkan suntikan pertama mereka.

"Sebagai dokter anak dan orang tua, saya benar-benar akan terus mendukung agar anak-anak divaksinasi bahkan jika mereka sebelumnya telah terinfeksi," kata Clarke.

Secara keseluruhan, kasus Covid harian di AS telah meningkat sekitar seperempat selama seminggu terakhir, Walensky mengakui bahwa banyak kasus mungkin terlewatkan karena begitu banyak orang menggunakan tes cepat di rumah. Rawat inap di AS meningkat perlahan, meningkat sekitar 9 persen dari minggu sebelumnya, meskipun masih rendah dibandingkan dengan lonjakan Omicron musim dingin, kata Walensky.

"Ini yang perlu kita perhatikan dengan seksama," katanya. "Kami melihat tidak hanya rawat inap, tetapi karakter rawat inap tersebut. Kami melihat lebih sedikit penggunaan oksigen di ICU, dan untungnya kami belum melihat peningkatan kematian."

"Kami berharap tren positif akan terus berlanjut," kata Walensky.

6 dari 6 halaman

Tetaplah memakai masker

Terlepas dari keputusan baru-baru ini dari seorang hakim federal yang mencabut mandat masker di pesawat, kereta api, dan sistem transit lainnya, Walensky mengatakan bahwa CDC masih merekomendasikan penggunaan masker di lingkungan dalam ruangan yang ramai, termasuk di transportasi umum.

Sebelum mandat masker untuk transportasi dibatalkan, CDC diperkirakan akan mengevaluasi kembali panduannya pada 3 Mei.

"Kita tahu bahwa ketika orang memakai masker yang pas di hidung atau mulut mereka, dan ketika mereka memakai respirator, mereka melindungi diri mereka sendiri, dan mereka melindungi orang-orang di sekitar mereka," kata Walensky.

"CDC terus merekomendasikan agar orang memakai masker di semua pengaturan transportasi dalam ruangan umum," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Subvarian BA.2

  • COVID