Sukses

Meski Jarang Terjadi, Subvarian Omicron BA.2 Dikatakan Lebih Parah pada Anak-Anak

Sebuah studi baru tentang tingkat keparahan virus corona jenis BA.2 pada anak-anak di Hong Kong menemukan bahwa itu lebih serius dibandingkan dengan varian lain.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru tentang tingkat keparahan virus corona jenis BA.2 pada anak-anak di Hong Kong menemukan bahwa itu lebih serius dibandingkan dengan varian lain atau dibandingkan dengan parainfluenza atau influenza. 

Namun, dalam jumlah absolut, penelitian menghitung sejumlah kecil kematian dan hasil serius lainnya, dan temuan ini mungkin kurang berlaku untuk AS, di mana ada lebih banyak penularan Covid-19 dan dengan demikian lebih banyak kekebalan tingkat populasi.

Temuan tersebut dianggap sebagai pendahuluan karena berasal dari pracetak, atau studi yang belum diteliti oleh peneliti luar atau diterbitkan dalam jurnal medis. Mereka juga belum dikonfirmasi oleh penelitian lain, yang membuat mereka kurang yakin.

"Saya pikir agak sulit untuk mengetahui seperti apa di sini, di mana mungkin sebagian besar populasi kita telah terpapar di beberapa titik sebelum Delta atau BA.1," kata Dr. Beth Thielen, spesialis penyakit menular pediatrik di University of Minnesota di Minneapolis dilansir dari CNN.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak

Tetapi Thielen mencatat bahwa penelitian ini menawarkan pandangan penting pada kekuatan mentah varian ini dalam populasi yang rentan. Ini juga menyoroti urgensi vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak dan perlunya lebih banyak perawatan untuk kelompok usia ini.

"Saat ini, kami cukup terbatas. Kami dapat memberikan remdesivir, tetapi kami tidak memiliki banyak alat perawatan obat lain,” kata Thielen.

3 dari 7 halaman

BA.2 menginfeksi populasi yang rentan

Sepanjang pandemi, Hong Kong telah menerapkan langkah-langkah pengendalian Covid-19 yang ketat termasuk masker, jarak sosial yang ketat, pelacakan kontak dan penutupan kantor dan sekolah. Akibatnya, kota ini memiliki tingkat kasus yang rendah dan paparan virus SARS-CoV-2 yang relatif sedikit melalui sebagian besar pandemi.

Setidaknya itu benar sampai subvarian BA.2 yang sangat menular dari galur Omicron menghantam kota. Sejak itu, Hong Kong mengalami peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kasus dan kematian, terutama pada populasi lansia, yang banyak di antaranya enggan divaksinasi.

4 dari 7 halaman

Anak-anak tak luput dari subvarian BA.2

Tetapi anak-anak juga tidak luput dari BA.2, dan studi baru membandingkan hasil untuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan varian ini dengan hasil untuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan varian sebelumnya (antara Januari 2020 dan November 2021), parainfluenza atau flu. Data anak rawat inap dengan parainfluenza dan influenza berasal dari rekam medis antara Januari 2015 hingga Desember 2018.

5 dari 7 halaman

Ribuan anak dirawat akibat BA.2

Pada Februari 2022, pada puncak gelombang Omicron Hong Kong yang sebagian besar disebabkan oleh BA.2, 1.147 anak dirawat di rumah sakit, dan empat meninggal.

Anak-anak yang meninggal berusia 11 bulan, 3 tahun, 4 tahun, dan 9 tahun. Tiga sebelumnya dalam kesehatan yang baik, dan anak berusia 9 tahun menderita distrofi otot. Tidak ada yang divaksinasi Covid-19. Dua anak meninggal karena ensefalitis, atau pembengkakan di otak mereka.

6 dari 7 halaman

Peluang kematian tujuh kali lebih tinggi

Ini adalah anak-anak pertama yang meninggal karena Covid-19 di Hong Kong selama pandemi. Ketika para peneliti membandingkan tingkat kematian, mereka menemukan bahwa anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan BA.2 memiliki peluang kematian tujuh kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang dirawat di rumah sakit karena flu, dan kemungkinan kematian akibat BA.2 lebih dari enam kali lipat dibandingkan dengan parainfluenza. Tingkat kematian kasus adalah 0,35% untuk BA.2, 0,05% untuk influenza dan 0,04% untuk parainfluenza, yang menyebabkan croup.

7 dari 7 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.