Sukses

4 Gejala Long Covid Ini Bisa Datang dan Pergi Setelah Infeksi Awal

Berikut gejala long covid yang bisa datang dan pergi setelah infeksi awal

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang harus lebih mewaspadai gejala Long Covid, karena jutaan orang dilaporkan merasakan efek Covid bahkan setelah mereka lama sembuh dari penyakit tersebut.

Bagi banyak orang, gejalanya tidak hanya berakhir setelah tes Covid-19, sebab faktanya virus dapat terus membuat hidup Anda terasa sulit untuk waktu yang lama setelah terinfeksi.

Layanan Kesehatan Inggris (NHS) menjelaskan: "Banyak orang merasa lebih baik dalam beberapa hari atau minggu dan sebagian besar akan sembuh total dalam 12 minggu. Tetapi bagi sebagian orang, gejalanya bisa bertahan lebih lama."

"Kemungkinan memiliki gejala jangka panjang tampaknya tidak terkait dengan seberapa sakit Anda saat pertama kali terkena [Covid]. Orang yang memiliki gejala ringan pada awalnya masih dapat memiliki masalah jangka panjang."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa saja gejala Long Covid?

Ada sejumlah gejala Long Covid yang umum dilaporkan. NHS mencantumkan sejumlah gejala yang dialami oleh mereka yang menderita akibat infeksi.

Empat di antaranya telah digambarkan sebagai gejala yang bisa 'datang dan pergi' setelah seseorang terinfeksi dan tes negatif, dan British Heart Foundation (BHF) mengatakan gejalanya mirip dengan sindrom jantung yang disebut sindrom takikardia postural (POTS).

"Ada bukti yang muncul bahwa beberapa orang yang mengembangkan Covid-19 memiliki gejala yang mirip dengan orang dengan POTS. Jika Anda memiliki gejala seperti POTS setelah Covid-19, Anda harus memberi tahu dokter Anda."

Berikut empat gejala yang datang dan pergi tersebut:

 

3 dari 7 halaman

1. Pusing

Penderita Long Covid sering mengeluh pusing setelah terkena Covid.

Sindrom takikardia ortostatik postural saat ini sedang diselidiki untuk melihat apakah ada hubungan dengan Long Covid.

BHF menjelaskan: "Biasanya ketika Anda duduk atau berdiri, gravitasi membuat sebagian darah Anda mengalir ke bawah di tubuh Anda, yang dapat menyebabkan tekanan darah Anda turun."

"Tubuh Anda merespons dengan mempersempit pembuluh darah Anda dan sedikit meningkatkan detak jantung Anda untuk mencegah penurunan tekanan darah dan untuk menjaga suplai darah ke jantung dan otak. Tetapi jika Anda memiliki POTS, perubahan otomatis ini tidak terjadi."

Menurut British Journal of General Practice, POTS dan Long Covid belum diteliti secara menyeluruh, jadi orang harus memperlakukan referensi POTS dengan hati-hati.

 

4 dari 7 halaman

2. Kelelahan

Ini adalah gejala Covid yang umum dan dapat bertahan lama setelah virus dimatikan oleh sistem kekebalan tubuh.

Ini tidak selalu terkait dengan POTS dan dapat terjadi pada siapa saja yang mengalami masalah yang bertahan lama setelah infeksi.

Orang yang ingin mengatasi kelelahan harus menemukan cara untuk menghemat energi mereka ketika mereka bisa dan membatasi stres dan ketegangan yang mereka timbulkan pada diri mereka sendiri.

 

5 dari 7 halaman

3. Palpitasi jantung

Ini sering merupakan gejala yang paling mengkhawatirkan yang dirasakan oleh orang yang memiliki Long Covid dan dapat menyebabkan kepanikan sesaat ketika jantung berdebar-debar.

Palpitasi, yang secara resmi dikenal sebagai detak ektopik, adalah ketika jantung terasa seperti berdebar, berdetak tidak teratur.

Ini dapat berlangsung selama beberapa detik atau menit pada suatu waktu. Secara umum, palpitasi bukan merupakan tanda bahaya atau tanda masalah serius.

Gejala ini umum terjadi pada orang dengan POTS, tetapi orang harus mencari perhatian medis saat palpitasi berlangsung lama atau menimbulkan kekhawatiran.

 

6 dari 7 halaman

4. Sesak napas

Masalah pernapasan sering terjadi pada penderita Long Covid, karena Covid adalah penyakit pernapasan.

Ini adalah gejala lain yang mungkin terasa sedikit menakutkan, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasinya, termasuk berbaring telentang sambil menambahkan bantal di bawah dada atau panggul.

Orang harus berbicara dengan dokter umum mereka jika sesak napas memburuk dari waktu ke waktu, atau tidak membaik.

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • COVID-19 varian baru telah masuk ke Indonesia. Tiga varian mutasi yang telah masuk itu dikenal dengan sebutan Alpha, Beta, dan Delta.

    gejala covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • COVID

  • Gejala Long COVID