Sukses

7 Tanda yang Harus Diwaspadai Anda Punya Usus yang Tidak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Ketika usus Anda bahagia dan sehat, bagian tubuh Anda yang lain biasanya akan mengikuti. Usus Anda sangat penting dan memengaruhi segalanya mulai dari pencernaan Anda, hingga otak dan sistem kekebalan Anda.

Ada juga hubungan yang ditunjukkan antara kesehatan usus dan suasana hati, kesehatan mental, gangguan endokrin, kondisi kulit, dan bahkan kanker.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi usus Anda, seperti riwayat keluarga, tetapi juga faktor luar yang dapat Anda kendalikan seperti stres dan diet.

Jika Anda memiliki usus yang tidak sehat, hal itu dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, dan tubuh Anda biasanya memiliki cara mengirimkan sinyal untuk memberi tahu Anda.

Berikut adalah tujuh tanda Anda mungkin memiliki usus yang tidak sehat, dikutip dari Healthline.

1. Iritasi kulit

Iritasi kulit dan kondisi seperti eksim dapat dikaitkan dengan kesehatan usus yang buruk.

Ini karena peningkatan "bocoran" bagian tertentu ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan iritasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Perubahan berat badan yang tidak disengaja

Jika Anda baru saja mendapatkan atau kehilangan banyak berat badan tanpa membuat perubahan signifikan pada diet atau kebiasaan olahraga Anda, itu bisa menjadi tanda usus yang tidak sehat.

Jika usus Anda tidak seimbang, itu bisa membatasi kemampuannya untuk menyerap nutrisi, mengatur gula darah dan menyimpan lemak.

Penurunan berat badan juga dapat terjadi karena pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil (SIBO).

Di sisi lain, kenaikan berat badan bisa disebabkan oleh resistensi insulin, atau nafsu makan Anda mungkin meningkat karena penurunan penyerapan nutrisi.

 

3 dari 5 halaman

3. Diet tinggi gula

Jika Anda memiliki diet yang tinggi gula tambahan, itu juga dapat menurunkan jumlah bakteri baik di usus Anda.

Mengonsumsi gula rafinasi dalam jumlah besar, terutama sirup jagung fruktosa tinggi, telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan dalam tubuh.

Ini bisa menjadi awal dari sejumlah penyakit, termasuk kanker.

 

4 dari 5 halaman

4. Sakit perut

Mungkin tanda yang paling jelas dari usus yang tidak sehat adalah sakit perut.

Memiliki banyak gas, kembung, sembelit, diare dan mulas semua bisa menjadi tanda usus yang tidak sehat karena sulitnya mengolah makanan dan membuang limbah.

5. Gangguan tidur atau kelelahan terus-menerus

Memiliki usus yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia dan kurang tidur, yang dapat menyebabkan kelelahan kronis.

Ini karena sebagian besar hormon tidur serotonin diproduksi di usus.

 

5 dari 5 halaman

6. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kualitas bakteri yang buruk di usus Anda.

Ini dapat menyebabkan kesulitan mencerna makanan tertentu, dan menyebabkan gejala seperti kembung, diare, dan gas.

7. Kondisi autoimun

Penelitian medis baru telah menemukan bahwa usus berdampak langsung pada sistem kekebalan tubuh.

Menurut bukti baru, usus yang tidak sehat dapat meningkatkan peradangan sistemik, yang pada gilirannya mengubah fungsi sistem kekebalan tubuh.

Ini dapat menyebabkan penyakit autoimun, di mana tubuh menyerang dirinya sendiri daripada penyerang berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.