Sukses

4 Dampak Positif Pada Rambut Jika Anda Berhenti Menggunakan Sampo

Ternyata keramas tanpa sampo memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang tak diketahui banyak individu.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, semakin banyak individu yang meninggalkan sampo dan memilih cara yang lebih alami untuk membersihkan rambut mereka. 

Cara tersebut disebut no-poo, “poo atau kotoran” adalah versi singkat dari “sampo,” dan individu yang menggunakan metode ini percaya bahwa itu membantu mereka menjaga rambutnya lebih bersinar dan lebih sehat.

Ternyata keramas tanpa sampo memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang tak diketahui banyak individu.

Berikut beberapa dampak positif jika Anda berhenti menggunakan sampo, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (16/3/2022). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kulit kepala lebih sehat

Meski sampo bisa membuat rambutmu bersih, memiliki sedikit sebum di kulit kepalamu sebenarnya baik untuk surai Anda. 

Kulit kepalamu menghasilkan jumlah minyak yang seimbang yang membuat rambutmu sehat dan terhidrasi secara alami. Karena sampo bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, pengunaan yang berlebihan bisa merusak rambut, membuat kulit kepala menjadi terlalu kering.

 

3 dari 5 halaman

2. Rambut terlihat lebih tebal

Ada banyak produk di pasaran yang menjanjikan untuk membuat rambutmu terlihat lebih bervolume. Tapi menggunakan terlalu banyak produk justru bisa merusak rambut dan kulitmu, dan akan membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya. 

Lebih sedikit menggunakan produk dengan bahan kimia keras bisa membuat rambutmu lebih kuat dan lebih penuh.

 

4 dari 5 halaman

3. Terlihat kurang berminyak

Saat Anda memilih sampo, Anda ingin sampo berhasil menghilangkan minyak dari rambutmu. Tapi keramas terlalu sering justru bisa menyebabkan rambutmu terlihat lebih berminyak. 

Setiap kali Anda keramas dengan sampo, itu membuat kulit kepalamu stres, menyebabkannya mengirim sinyal untuk menghasilkan lebih banyak sebum untuk menenangkan dirinya sendiri.

 

5 dari 5 halaman

4. Terhindar dari bahan kimia yang tidak sehat

Sampo favoritmu pasti memiliki bau yang luar biasa, tapi bahan-bahan buatan yang memberikan bau yang menyenangkan bisa berpotensi berbahaya. 

Sementara bahan kimia membantumu mendapatkan hasil instan, tapi itu bisa merusak rambut dan kulitmu dalam jangka panjang.

Sulfat yang ditemukan di banyak sampo, misalnya, bisa mengiritasi kulit dan mengeringkan kulit kepala, dan ftalat bahkan bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Alih-alih sampo, pilihlah beberapa cara yang lebih aman dan lembut untuk membersihkan rambutmu, seperti soda kue atau minyak kelapa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.