Sukses

Ketahui Gejala Tak Umum Covid-19 Varian Omicron

Covid-19 varian Omicron dikatakan menyebabkan sedikit atau tidak ada kerusakan langsung pada paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta - Covid-19 varian Omicron dikatakan menyebabkan sedikit atau tidak ada kerusakan langsung pada paru-paru.

Pada dasarnya pilek atau flu biasa, varian yang sangat menular tampaknya menginfeksi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala ringan seperti sakit tenggorokan, bersin, nyeri tubuh dan sakit kepala.

 

Baik Covid-19 varian Omicron dan Delta memiliki beberapa gejala umum seperti demam ringan, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan dan nyeri tubuh.

Namun, sesuai data yang dilaporkan studi ZOE Inggris, kehilangan indra penciuman adalah sifat yang kurang umum dengan varian Omicron.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infeksi Omicron tidak menunjukkan tanda-tanda kehilangan penciuman

Melansir dari Times of India, Selasa (8/2/2022), dalam laporan awal, Dr. Angelique Coetzee, dokter Afrika Selatan yang pertama kali menemukan varian Omicron, mengatakan bahwa pasien dengan infeksi Omicron tidak menunjukkan tanda-tanda kehilangan penciuman dan/atau rasa.

Selama gelombang Delta, hilangnya penciuman adalah salah satu tanda Covid-19, yang mampu membedakan virus Corona dan flu ringan atau pilek. Selain itu, gejala ini bertahan selama berbulan-bulan setelah pemulihan. 

Menurut Profesor Tim Spector, kepala studi ZOE Covid-19 Inggris, gejala seperti demam, batuk dan kehilangan penciuman sekarang menjadi “gejala minor,” yang berarti gejala tersebut paling jarang terjadi pada varian Omicron.

 

3 dari 4 halaman

Gejala paling banyak dialami individu yang terinfeksi Omicron

Saat ini, mengalami sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung meler, merasa lelah dan sering bersin bisa mengindikasi infeksi Omicron. 

Meski terasa seperti pilek atau flu biasa, Profesor Spector mendesak semua individu dengan gejala ini untuk segera memeriksakan diri. Sesuai dengan aplikasi studi gejala, sakit tubuh, keringat malam, kehilangan nafsu makan dan muntah juga bisa menjadi tanda varian Omicron.

4 dari 4 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Apa

  • Berita Terkini