Sukses

Berikan Pesan Moral, Plogging Jadi Tren Olahraga di Tahun 2022

Olahraga sambil memungut sampah adalah kegiatan yang membanggakan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas kebugaran yang disebut plogging, diambil dari kata joging dan plocka up berarti pick up atau mengambil. Plogging pertama kali dipopulerkan oleh negara Swedia, kemudian berlanjut dikenal oleh beberapa negara lainnya.

Seperti yang dilansir dari eatthis.com, Rabu (26/1/2022), istilah plogging diciptakan oleh Erik Ahlstrom dengan tujuan untuk menciptakan komunitas lokal yang dijuluki ‘pemulung yang bangga’. Ide plogging cukup sederhana, yaitu berlari, berjalan, bersepeda atau berseluncur sambil memperhatikan sampah dan mengambil sampah yang ada disepanjang jalan.

Bagi komutias plogging, kegiatan ini lebih dari sekedar memungut sampah tapi sekaligus aktivitas olahraga yang cukup menyenangkan. Selain sehat, plogging mengajak seluruh pengikut dan orang yang melihat aktivis plogging untuk bisa meningkatkan kesadaran dalam pemeliharaan lingkungan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga dengan tujuan yang hebat

Aktivitas penuh pesan moral diselipkan dalam kegiatan olahraga ini menjadi ide cemerlang yang sangat hebat. Tak hanya ide yang patut diacungkan jempol, tapi penggiat olahraga ploggit pun di isi dengan orang-orang hebat juga. Tanpa rasa malu, setiap orang berlari sambil memungut sampah dan mengumpulkannya dalam kantong yang telah mereka siapkan masing-masing.

3 dari 4 halaman

Anda bisa menetapkan plogging sesuai dengan keinginan

Jika kamu semangat untuk memulai plogging, agar lebih menyenangkan ada baiknya untuk menentukan tujuan pengambilan sampah secara spesifik.

 

Seperti yang dilakukan oleh seorang penduduk lokal Vancouver, ia menetapkan tujuan plogging untuk memungut sampah masker medis di sepanjang jalan yang dilaluinya. Dalam 10 bulan terakhir, tercatat sebanyak 24.000 masker medis telah diambil atau dikumpulkan. Rupanya, target awal Papineau adalah mengumpulkan 30.000 sampah masker medis dari jalanan pada akhir Maret 2022.

 

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengikuti perjalanan plogging Papineau dalam akun Twitter yang sudah didokumentasikan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Plogging baik untuk kesejahteraan manusia dan alam

Kegiatan plogging secara keseluruhan sangat baik untuk pikiran dan tubuh seseorang, tak terkecuali alam semesta. Plogging dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan stress dan meningkatkan kesehatan di area kardiovaskular. Sedangkan untuk bumi sendiri plogging membantu lingkungan tetap bersih dan menjadikan bumi sebagai tempat yang aman bagi manusia.

 

Mungkin saja Anda ingin berkontribusi dalam kegiatan mulia ini, dengan begitu Anda akan memiliki hal yang bisa dibanggakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.