Sukses

5 Obat Herbal Ini Diklaim Ampuh Redakan Nyeri Haid, Yuk Coba!

Liputan6.com, Jakarta Banyak perempuan yang mengeluhkan nyeri setiap hari pertama menstruasi. Hal itu sangat mengganggu aktivitas karena tubuh menjadi tidak nyaman.

Sejumlah perempuan mengeluhkan nyeri di bagian perut, pinggang belakang, hingga paha. Bahkan, ada juga yang merasakan pusing dan tubuh menjadi lemas.

Saat merasakan hal itu, mereka biasanya hanya terbaring lemas atau melakukan aktivitas lain sambil menunggu nyeri tersebut hilang dengan sendirinya tanpa konsumsi obat.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada obat tradisional yang bisa menghilangkan nyeri menstruasi. Simak beberapa obat herbal untuk menghiangkan nyeri haid seperti dikutip dari situs web dr. Kathleen Mahannah, Selasa (21/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Jahe

Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi air jahe sebanyak 4 kali sehari sama efektifnya dengan obat ibuprofen untuk mengobati nyeri menstruasi. Ramuan jahe ini bisa dikonsumsi selama tiga hari sebelum menstruasi dan pada hari pertama menstruasi.

Dikutip dari Jafari Acupuntur Clinic, jahe bersifat anti-inflamasi sehingga bisa menghambat pertumbuhan prostaglandin secara berlebihan. Prostaglandin merupakan bahan kimia pro-inflamasi yang membuat rahim berkontraksi selama menstruasi. Jika tumbuh secara berlebihan, maka bisa menimbulkan nyeri seperti perut kram. 

3 dari 6 halaman

2. Kayu manis

Sebuah studi menunjukkan bahwa ramuan kayu manis bisa mengurangi nyeri menstruasi, mual, dan muntah. Ramuan ini bisa dikonsumsi selama tiga hari pertama menstruasi dan sebanyak 3 kali sehari. Ramuan kayu manis ini juga diklaim baik untuk mengatasi pendarahan berat.

4 dari 6 halaman

3. Minyak peppermint

Menurut sebuah studi, meminum minyak peppermint bisa mengurangi nyeri menstruasi. Minyak ini bisa dikonsumsi 1 kali selama tiga hari menstruasi.  

5 dari 6 halaman

4. Teh putih

Teh putih terbuat dari bunga peony putih yang merupakan obat tradisional dari China. Dikutip dari Jafari Acupuntur Clinic, pengobatan China biasa menggunakan bunga peony putih karena memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah dan menjaga fungsi hati.

Ramuan herbal ini diklaim bisa melemaskan otot yang kejang, sehingga bisa melemaskan otot rahim yang kram saat menstruasi. Beberapa efek lain dari peony putih adalah mengurangi peradangan, mengurangi nyeri, menenangkan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan mencegah aliran darah terhenti.

 

6 dari 6 halaman

5. Adas

Dalam pengobatan China, tanaman adas biasa digunakan sebagai ramuan penghangat untuk mengurangi rasa sakit karena perut bagian bawah terasa dingin. Nyeri saat menstruasi itu disebabkan karena rahim yang dingin atau membeku sehingga menghambat sirkulasi darah.

Istilah rahim 'dingin' yang menyebabkan kram perut ini juga biasa direspon dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Cara itu diklaim ampuh mengurangi nyeri saat perut kram.