Sukses

5 Kondisi Kuku yang Menunjukkan Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang rutin dirawat. Namun, segelintir individu lainnya sering mengabaikan kuku karena dianggap tidak penting.

Padahal kuku kering atau perubahan pada warna kuku bisa mengungkap masalah kesehatan tubuh seseorang.

Berikut beberapa tanda pada kuku yang menunjukkan masalah kesehatan pada tubuhmu, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (7/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Bintik putih

Bintik-bintik kecil dan terang umumnya bewarna putih akibat trauma eksternal, umumnya disebabkan oleh serpihan. 

Meski biasanya hilang dengan sendirinya, beberapa bintik putih juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. 

3 dari 6 halaman

2. Kuku kuning

Kuku kuning pucat sebagian besar berkembang seiring bertambahnya usia. Tapi juga bisa menjadi efek samping dari cat kuku atau kuku akrilik yang berlebihan. 

Beberapa penyebab kuku kuning lainnya termasuk merokok, diabetes atau penyakit pernapasan.

4 dari 6 halaman

3. Mengupas kuku

Mengupas kuku terkadang bisa sangat menyakitkan. Ini biasanya terjadi ketika kuku mengalami semacam trauma tumpul, paling sering ketika kita menggunakan kuku untuk membuka sesuatu. 

Menggunakan penghapus cat kuku yang kuat secara kiia untuk menghilangkan cat bisa menyebabkan kuku mengelupas.

Jika pengelupasan kuku secara teratur sering Anda alami, Anda mungkin ingin terus memeriksa kekurangan zat besimu karena kekurangannya menyebabkan kuku mudah patah.

5 dari 6 halaman

4. Kuku patah

Kuku yang patah tidak hanya tidak menarik untuk dilihat, tapi juga menandakan masalah kesehatan yang mendasarinya. 

Kuku rapuh, patah dari samping disebabkan oleh terlalu banyak mencelupkan tangan ke dalam air atau kekeringan yang merusak dan melemahkan dasar kuku.

Gejala lain juga termasuk kelelahan dan kulit kusam. Oleh karena itu, suplemen vitamin dan biotin disarankan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. Bercak hitam

Bintik hitam atau bercak hitam bisa menjadi penyebab kekhawatiran yang ekstrem. Jika disertai dengan pendarahan di sekitar dasar kuku dan kuku yang meradang, disarankan untuk segera konsultasi ke dokter karena bisa menjadi tanda awal melanoma, sejenis kanker.