Sukses

5 Manfaat Kacang Hazelnut Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata mengkonsumsi kacang hazelnut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Hazelnut menjadi salah satu kacang yang banyak disukai individu. Selain rasa dan aroma yang khas, hazelnut ternyata kaya protein, lemak, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hazelnut bisa dimakan dalam bentuk mentah, ditumbuk atau dipanggang yang biasa digunakan sebagai tambahan lezat untuk banyak hidangan, terutama camilan.

Ternyata mengkonsumsi kacang hazelnut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari India Times, Minggu (5/12/2021).  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Melindungi kesehatan jantung dan kolesterol

Hazelnut kaya akan serat makanan, antioksidan, potassium dan magnesium, yang membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan arterimu. 

Dosis sehat lemak baik di dalamnya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga.

3 dari 6 halaman

2. Melawan peradangan dalam tubuh

Tingginya kandungan lemak sehat di dalamnya juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi hingga 60 gram hazelnut setiap hari (bersama dengan diet sehat yang dibatasi kalori) selama 12 minggu bisa membantu mengurangi penanda inflamasi pada orang gemuk.

4 dari 6 halaman

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Asam oleat adalah asam lemak utama dalam hazelnut, yang telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulinmu. 

Mereka tidak membantu meningkatkan sensitivitas insulinmu, tapi mereka membantu menurunkan gula darahmu. Senyawa dalam hazelnut membantu menurunkan kadar gula darah.

5 dari 6 halaman

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Antioksidan yang tinggi, vitamin dan mineral telah membuat hazelnut mampu mencegah kanker.

Antioksidan yang tersedia dalam hazelnut, yang disebut proanthicyanidins, telah terbukti melawan stres oksidatif dan memiliki potensi untuk mencegah jenis kanker tertentu.

6 dari 6 halaman

5. Membantu menurunkan berat badan

Seratus gram hazelnut memiliki sekitar 20 gram protein di dalamnya. Jika Anda vegetarian, Anda harus serius mempertimbangkan untuk menambahkan hazelnut ke dalam dietmu. 

Karena mereka sarat dengan jumlah lemak dan serat yang sehat, mereka bisa membantu membuatmu kenyang lebih lama, yang merupakan taktik penting jika Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.