Sukses

3 Cara Bijak Mengatasi Rasa Kecewa Agar Bahagia di Masa Depan

Meskipun susah untuk dihilangkan, yuk lawan rasa kecewa Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pasti pernah mengalami kegagalan yang bisa menimbulkan rasa kecewa dengan dirinya sendiri. Namun, kekecewaan adalah proses dari hidup yang bisa membuat Anda tumbuh lebih baik lagi. 

Misalnya saat seseorang berharap pekerjaannya bisa berjalan dengan lancar, tetapi ada satu hal yang menghambat sehingga tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Inilah yang membuat mereka merasa kecewa

Alih-alih berlarut dalam kekecewaan, Anda bisa melawan rasa kecewa dan mencoba untuk bangkit kembali. Dilansir dari Pinkvilla, Selasa (09/11/21), ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kecewa agar bahagia di masa depan. Penasaran apa saja? Ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ingatlah, rasa kecewa itu bersifat sementara

Terkadang hal-hal yang menyakiti kita sekarang bisa menjadi hal yang akan kita tertawakan di masa depan ketika Anda melihatnya kembali. Cobalah untuk menerima dan tidak terlalu berlarut dalam rasa kekecewaan. 

Meskipun tidak mudah, cobalah perlahan-lahan untuk meyakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melewatinya. Yakinkan juga pada diri Anda bahwa ini bukan akhir dari segalanya.

3 dari 4 halaman

2. Semua terjadi karena suatu alasan

Wajar bagi kita semua untuk sesekali mengalami kegagalan atau hal yang menyakitkan yang terjadi dalam hidup kita. Meskipun semua orang berharap hidupnya berjalan lurus-lurus saja, namun pada kenyataan hidup tidak selalu sesuai dengan rencana kita. 

Sering dengar kalimat “everything happens for a reason”? Untuk melawan rasa kecewa yang terlalu berlarut, cobalah untuk percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita terjadi karena suatu alasan dan untuk kebaikan diri kita.

Misalnya, Anda baru saja kehilangan promosi dalam pekerjaan. Dengan ini, Anda memiliki kesempatan untuk pindah dan mencari pekerjaan yang lebih baik.

Jadi, pada akhirnya, semuanya tentang rasa percaya bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, yang tidak akan pernah Anda sesali.

4 dari 4 halaman

3. Kekecewaan bisa memberikan pembelajaran

Setiap rasa kecewa akan kegagalan yang kita alami pasti membawa pelajaran bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan mengalami kekecewaan, Anda bisa belajar untuk tidak mengulangi hal yang sama, atau belajar bagaimana cara melakukan suatu hal dengan lebih baik lagi, 

Meskipun Anda tidak mendapatkan apa yang Anda harapkan, namun percayalah suatu saat Anda akan mendapatkan hal yang lebih baik lagi lebih dari apa yang Anda inginkan. Tetapi, perlu diingat, pastikan diri Anda belajar dari kesalahan tersebut dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.