Sukses

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap dengan Niat dan Doanya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat Muslim di seluruh dunia, salat merupakan amalan yang wajib dilakukan bagi orang yang sudah baligh. Salat 5 waktu memang wajib dilaksanakan tanpa halangan apapun. Namun, bagi kita umat muslim dianjurkan pula untuk menjalankan ibadah salat sunnah. 

Dengan menjalankan salat sunnah, kita akan mendapatkan lebih banyak pahala dari Allah SWT. Ada banyak salah sunnah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah salat sunat qobliyah. 

Lantas apakah Anda mengetahui mengenai sholat qobliyah Subuh? Untuk diketahui, salat ini dilakukan setelah fajar tiba dan dilakukan sebanyak 2 rakaat. Saat fajar tiba terdapat dua salat khusus yang dapat dilakukan, yaitu sholat qobliyah subuh dan salat subuh.

Salat obliyah subuh atau salat fajar ini sangat istimewa karena rutin dikerjakan Nabi Muhammad. Salat qobilyah subuh juga memiliki berbagai keutamaan, seperti yaitu menutup kekurangan diri saat menjalankan slat wajib, dan mendapat balasan serupa rumah di surga.

Berikut Liputan6 rangkum dari Merdeka, Selasa (11/3/2022), mengenai sholat qobliyah Subuh.

Kewajiban bagi umat muslim untuk melafal niat salat sebelum melakukannya, sama halnya pada salat fardhu lima waktu. Berikut niat sholat qobliyah Subuh yang perlu dilafalkan sebelum mengerjakan.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatas shubhi rak'ataini lillahi ta'ala.

Yang artinya,

"Aku menyengaja sembah yang sunah Subuh dua rakaat karena Allah SWT."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Doa setelah Sholat Qobliyah Subuh

Usai sholat qobliyah Subuh Anda dapat melakukan doa, berikut doa yang dianjurkan dibaca setelah sholat qobliyah Subuh.

1. Diawali dengan membaca dzikir

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ لآ إلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)

2. Al-Ikhlas 

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Dibaca (11 kali)

3. Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Dibaca (1 kali)

4. An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ  الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Dibaca (1 kali)

5. Ditutup dengan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)

 

Penulis:

Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jaga Diri dan Kelola Stres Saat Pandemi Covid-19