Sukses

4 Tips Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Terlalu Lama WFH

Sakit punggung bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda. Berikut ini adalah cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa pandemi ini, hampir semua perkantoran menerapkan sistem Work from Home atau WFH. Pemberlakuan WFH ini seringkali menimbulkan beberapa keluhan seperti penglihatan yang mulai buram dan juga sakit punggung lantaran terlalu lama menatap layar komputer di rumah.

Terlalu sering membungkuk dan kurangnya gerakan selama menjalani WFH menjadi salah satu penyebab Anda memiliki masalah punggung. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung. Berikut ini adalah empat cara mengatasi nyeri punggung melansir dari Healthline.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan Minyak atau Salep

Terdapat berbagai obat pereda nyeri dan salep yang bisa membantu Anda dalam meredakan rasa sakit punggung. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan krim dengan kandungan capsaicin. Krim ini bisa menurunkan kepekaan rasa nyeri pada daerah yang terkena. 

Kemudian, salah satu studi juga mengungkapkan bahwa penurunan rasa sakit atau rasa nyeri bisa terjadi ketika seseorang mengoleskan minyak esensial lavender. Selain itu, bahan-bahan lain yang bisa bantu redakan nyeri punggung adalah Ketoprofen (Diractin), Ibuprofen (Nurofen atau Dolgit), Diclofenac (Voltaren), Lidokain (Lidoderm), cabai rawit, komprei, dan Arnica Brasil.

3 dari 5 halaman

Pijat

Memijat lembut otot yang sakit atau tenggang merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengendurkan dan menghilangkan rasa sakit. Sebuah studi menemukan bahwa terapi pijat dengan menggunakan pengobatan tradisional ampuh dalam mengurangi sakit punggung dan meningkatkan fungsi punggung. 

4 dari 5 halaman

Melakukan Diet Alkali

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa diet alkali dapat meningkatkan nyeri punggung. Diet alkali ini melibatkan makanan-makanan yang kurang asam. Makanan yang tubuh di tanah yang lebih asam mengandung lebih sedikit kalsium, magnesium, dan potasium. 

Selain itu, sebagian orang juga telah menggunakan herbal dan suplemen untuk meredakan sakit punggung. Studi lain juga menemukan bahwa terdapat ramuan yang bisa mengurangi sakit punggung. Anda bisa konsumsi kulit pohon willow untuk meredakan rasa nyeri pada punggung Anda. 

Namun jika Anda ingin mengkonsumsi obat-obatan herbal dan suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sehingga tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

5 dari 5 halaman

Melakukan Peregangan

Untuk meredakan nyeri pada punggung, Anda bisa melakukan beberapa latihan yaitu berjalan di tanah datar, backbends berdiri, pose kobra, dan press ups. Latihan ini bisa membantu memulihkan otot dan melindungi Anda dari rasa nyeri.

Melakukan peregangan otot juga bisa mengendurkan atau melemaskan otot-otot yang tegang. Namun jika latihan peregangan menyebabkan rasa sakit, hentikan latihan tersebut. Hal ini dikarenakan Anda terlalu memaksa peregangan atau membuat otot-otot menjadi tegang. 

Kemudian, Anda juga bisa melakukan yoga. Sebuah studi menunjukkan bahwa yoga sama efektifnya dengan latihan terapi fisik untuk meredakan nyeri punggung. Melakukan yoga bisa mengurangi ketegangan otot yang meningkatkan nyeri punggung. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.