Sukses

Sering Disepelekan, 5 Tanda di Tubuh yang Tunjukkan Adanya Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu sering menyepelekan berbagai tanda yang muncul di tubuh. Padahal beberapa masalah kesehatan bisa terlihat dari sesuatu yang sederhana, seperti tanda yang muncul di tubuh Anda.

Dokter mengatakan bahwa semakin dini individu mengetahui tentang masalah pada tubuhnya, semakin mudah juga untuk perawatannya. Dalam beberapa kasus, diagnosis dini sebenarnya dapat menyelamatkan hidup seseorang.

Seperti beberapa tanda berikut yang menjadi indikasi sesuatu serius terjadi pada tubuh Anda. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (16/9/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Nyeri jari

Jari yang menebal dan sensitif bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Ketika tumor paru-paru berkembang, mereka melepaskan beberapa bahan kimia ke dalam aliran darah yang merangsang pertumbuhan jaringan di bawah kuku dan di ujung jari, menyebabkan rasa sakit.

Jika Anda mengalami penebalan dan pembekakan pada jari-jarimu, coba segera periksakan ke dokter.

3 dari 6 halaman

2. Mata panda

Lingkar gelap pada bawah mata merupakan hasil dari masalah gaya hidup. Ketika individu tidak cukup tidur, melakukan diet yang buruk atau gaya hidup yang tidak sehat, jaringan lemak di sekitar mata berubah dan kulit kita menjadi tipis.

Meskipun bintik-bintik gelap ini umumnya tidak memerlukan perhatian medis, tapi Abda perlu lebih baik untuk merawat diri.

4 dari 6 halaman

3. Garis hitam pada kuku

Kuku seringkali dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan seseorang. Beberapa individu secara alami memiliki kuku yang sangat tebal atau tipis, tapi jika Anda melihat adanya perubahan pada struktur atau warnanya, Anda harus memeriksanya.

Garis vertikal gelap adalah salah satunya dan itu menjadi tanda melanoma. Jika Anda tidak ingin menyakiti kukumu atau tidak memiliki penjelasan mengapa kukumu berdarah atau tidak tahu apa yang menyebabkan garis gelap, perlu segera diperiksa ke spesialis.

5 dari 6 halaman

4. Area kulit terlipat menghitam

Jika Anda melihat bercak cokelat atau kuning seperti bengkak dan terasa seperti beludru muncul di area di mana kulit kamu terlipat, di bawah ketiak atau leher, jangan diabaikan.

Itu mungkin pertanda resistensi insulin dan Anda harus memeriksakkannya sesegera mungkin. Ini bisa menjadi bagian dari kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin seperti seharusnya dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

6 dari 6 halaman

5. Jerawat pada rahang dan dagu

Di bawah kulit, kita memiliki banyak kelenjar kecil yang menghasilkan minyak alami untuk menjaga kulit kita dalam kondisi baik dan minyak pada tubuh bergerak melalui pori-pori.

Karena suatu alasan, kelenjar-kelenjar ini menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang bisa ditangani kulit kita, pori-pori tersumbat.

Bagi wanita, memiliki jerawat di sepanjang garis rahang bisa menjadi pertanda ketidakseimbangan hormon-ketika terlalu banyak hormon pria, testosteron, diproduksi, itu merangsang kelenjar minyak ini.