Sukses

Ini yang Akan Terjadi Jika Manusia Tidak Melakukan Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan kebutuhan dasar manusia, lantas apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukannya?

Liputan6.com, Jakarta- Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Namun, pandemi Covid-19 yang melanda sejak dua tahun terakhir ini membuat kita semua tidak dapat bertemu dengan kerabat kita. Pandemi ini membuat kita terus berdiam diri dirumah dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah. Hal ini membuat sebagian dari kita merasa lelah bahkan mengakibatkan depresi. 

Dilansir dari medical news today, manusia dilahirkan dalam kelompok sosial dan menjalani kehidupannya sebagai bagian dari masyarakat sehingga unsur sosial tidak dapat dihilangkan. Kenyataan bahwa kita tidak dapat bertemu dengan teman atau keluarga selama berbulan-bulan tentunya merupakan hal yang cukup sulit. Namun, apa yang terjadi bila kita tidak dapat melakukan interaksi sosial sepenuhnya? 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Memicu Stres dan Kecemasan

Melansir dari worldofbuzz, seorang Psikolog bernama Susan Pinker menjelaskan bahwa kontak tatap muka dengan orang lain dapat memicu bagian dari sistem saraf kita yang melepaskan “Cocktail of Neurotransmitters” yang bertugas untuk mengatur respon kita terhadap stres dan kecemasan. 

Ketika kita berkomunikasi dengan orang-orang secara tatap muka, hal tersebut dapat membantu kita untuk menangani faktor stres dalam jangka panjang. Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang menjalani kemoterapi untuk kanker cenderung merasa lebih baik jika mereka melakukan interaksi sosial seperti berada di sekitar keluarga dan kerabat. Hal ini dapat membantu kita merasa lebih baik secara mental maupun fisik. 

3 dari 4 halaman

Kesepian

Interaksi manusia sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang. Manusia telah berevolusi menjadi makhluk sosial. Kebutuhan akan ketergantungan dan kerja sama satu sama lain dapat meningkatkan kemampuan manusia untuk bertahan hidup. Meskipun terjadi banyak perubahan akibat pandemi covid-19, orang-orang memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain dan kurangnya interaksi itu dapat menyebabkan suatu masalah seperti kesepian. 

4 dari 4 halaman

Mempengaruhi Kesehatan Mental

Menghabiskan waktu berkualitas bersama kerabat atau keluarga bisa terasa menyenangkan bagi jiwa. Dilansir dari Mercycare, terlalu banyak menghabisi waktu sendiri dapat membuat Anda merasa kesepian sehingga penting untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi sosial baik untuk kesehatan mental dan kesehatan otak Anda. Kesehatan mental yang baik dapat meringankan suasana hati Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.