Sukses

Patut Dicoba, 4 Cara Alami Bikin Rambut Beruban Kembali Hitam

Bagi segelintir individu, tumbuhnya rambut putih atau uban tentu akan mengganggu penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi segelintir individu, tumbuhnya rambut putih atau uban tentu akan mengganggu penampilan. Jika dahulu uban dikaitkan dengan penuaan, kini individu berusia muda pun bisa memiliki uban.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres menjadi penyebab rambut beruban sebelum waktunya.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengukur kadar protein di rambut sukarelawan dan menemukan bahwa stres psikologis memengaruhi mitokondria (mereka menghasilkan energi di dalam sel).

Beberapa faktor lain memiliki efek serupa, seperti menjadi vegetarian, kekurangan vitamin B12 dan mengidap kondisi kesehatan lain seperti vitiligo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atasi Uban Secara Alami

Namun, sebagian individu memilih untuk menutupi uban dengan menggunakan cat rambut. Daripada menggunakan bahan kimia, Anda bisa mendapatkan warna rambut Anda kembali dengan cara alami.

Metode ini akan berhasil jika Anda tidak dalam kondisi stres. Namun, cara ini tidak akan berhasil untuk individu yang memiliki rambut beruban selama bertahun-tahun.

Penasaran bahan alami apa saja dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya seperti  melansir dari Bright Side, Senin (9/8/2021).

3 dari 3 halaman

Bahan dan Caranya

Berikut beberapa cara alami yang mampu mengatasi rambut beruban yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1.  Cara pertama, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke akar rambut dan rambut Anda pada malam hari sebelum keramas.

2.  Cara lainnya, Anda bisa mencampurkan satu sendok the jahe segar dan satu sendok madu. Kedua bahan tersebut bisa Anda makan setiap hari.

3.  Anda juga bisa mengonsumsi sekitar 240 mililiter jus wortel setiap hari.

4.  Cara terakhir, Anda bisa mencampurkan jus lemon dan minyak almond dalam jumlah yang sama. Campurkan dan gunakan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala Anda dua kali sehara selama 3 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.