Sukses

Sering Dibuang, Ternyata 7 Biji Buah-Buahan Ini Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Siapa yang menyangka biji yang Anda buang berkhasiat bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Biji-bijian di dalam daging buah kerap kali disingkirkan ketika hendak mengonsumsinya. Namun, siapa yang menyangka biji yang Anda buang berkhasiat bagi tubuh. 

Sebelum memutuskan untuk membuangnya, Anda perlu mencari tahu apakah benar biji dalam buah itu benar-benar bermanfaat.

Rupanya selain biji buah markisa, masih banyak lagi biji-bijian dari daging buah yang bisa Anda santap bersamaan tanpa perlu menyisakannya. 

Bagi yang penasaran, berikut biji buah-buahan yang memiliki kandungan menguntungkan bagi tubuh Anda, seperti melansir dari Brightside, Sabtu (7/8/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Semangka

Semangka dikenal dengan buah yang kaya akan kandungan airnya. Tak heran saat Anda menyantapnya, dahaga pun terasa menyegarkan.

Rupanya, biji semangka juga bermanfaat dengan kandungan vitammin C dan antioksidan di dalamnya yang dapat mengobati jerawat dan membantu mendapatkan kulit yang lebih baik secara keseluruhan.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, dengan menambahkan sedikit garam dan minyak zaitun lalu memanggangnya. Namun, jika Anda malas untuk repot, bisa dengan langsung memakannya dan tidak berbahaya karena mudah dicerna. 

3 dari 8 halaman

2. Pepaya

Untuk urusan memperlancar pencernaan, buah pepaya sudah tidak perlu diragukan lagi peranannya. Namun, kinerja ini bisa semakin ditingkatkan bila Anda memakannya langsung bersamaan dengan biji-biji di dalamnya. 

Rupanya, biji pepaya kaya akan enzim yang dikenal sebagai papain, yang membantu meningkatkan kemampuan pencernaan.

4 dari 8 halaman

3. Delima

Membuka buah delima tampaknya butuh usaha lebih pasalnya sesekali suka berantakan. Namun, nektar berair yang berada di dalamnya selalu punya cara memuaskan Anda.

Buah bernutrisi ini juga menyimpan khasiat lain dalam bijinya yang mampu menurunkan berat badan. 

Untuk menikmati manfaatnya, pastikan untuk mencampurkannya pada makanan penurun berat badan atau membuatnya jadi jus yang sehat.

5 dari 8 halaman

4. Alpukat

Daging buah alpukat sering kali dibuat jus. Namun, sangat jarang sekali yang memanfaatkan bijinya dan biasanya dibuang begitu saja. Nyatanya, biji alpukat memiliki khasiat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Caranya mudah, Anda bisa mengiris alpukat dan ambil bijinya dan kupas kulitnya yang berwarna cokelat sebelum dikeringkan. Lalu masukkan bijinya ke dalam blender hingga berbentuk bubuk yang dapat digunakan sebagai tambahan untuk smoothie atau teh.

6 dari 8 halaman

5. Jeruk

Rasanya yang pahit membuat orang-orang menghindari bijinya saat menyantap buah jeruk. Lewat rasa pahitnya, biji jeruk menyimpan nutrisi yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Jika Anda tak terlalu bermasalah dengan rasa pahit itu, bisa langsung memakannya. Sebaliknya, bila tak kuat menahan, Anda bisa menambahkan pada olahan minuman dan makanan. 

7 dari 8 halaman

6. Pir

Pir Afrika, atau Dacryodes edulis adalah buah yang memiliki berbagai khasiat obat, farmakologis dan biologis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bijinya sarat dengan nutrisi termasuk kalsium yang berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan gigi.

Anda dapat membelinya di toko kesehatan dan mengonsumsinya dan dapat menggunakan minyak sebagai suplemen alami untuk menambah rutinitas Anda.

8 dari 8 halaman

7. Markisa

Saat menyantap buah markisa, secara otomatis Anda juga memakan bijinya. Sayangnya, belum banyak yang tahu manfaat dari bijinya yang mengandung magnesium dan berguna untuk membantu seseorang mengelola tingkat kecemasan mereka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.