Sukses

Intip Kalori 4 Menu Diet Musim Panas ala Atlet Olimpiade Tokyo

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang menarik dari Olimpiade Tokyo 2020 adalah menu makanan diet rendah kalori yang disediakan bagi para atlet. Uniknya, makanan yang tersaji di perkampungan atlet tersebut saat ini dijual untuk umum.

Penyelenggara Olimpiade Tokyo sebenarnya menyediakan 700-an tipe menu untuk para atlet dunia di perkampungan atlet. Makanan-makanan tersebut terdiri dari beberapa kategori, hidangan barat, Jepang dan Asia. Termasuk pula di dalamnya pilihan menu vegetarian hingga makanan halal.

Seperti dikabarkan Inf News, Selasa (3/8/2021), restoran di perkampungan atlet ini beroperasi 24 jam dengan dibantu hingga 2 ribu karyawan pada setiap jam sibuk. Sebanyak 48 ribu layanan katering disediakan setiap harinya.

Berbekal semangat untuk membagikan cita rasa dari kampung atlet, maka penyelenggara mulai menjual menu sehat ala atlet olimpiade kepada masyarakat Jepang. Menu yang dijual dikemas dengan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, yang merupakan bagian dari diet seimbang para atlet.

Ada empat menu bernuansa tradisional Jepang yang bisa dibeli hingga 5 September 2021. Keempatnya, yakni 3 bento dan satu dessert dipercaya memiliki cita rasa yang cocok dan sehat untuk semua orang. Menu-menu pilihan ini dipercaya cocok disantap pada musim panas.

Penasaran apa saja menunya? Yuk, simak 4 menu diet musim panas ala atlet Olimpiade Tokyo berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Summer Oden

Oden adalah makanan nasional Jepang dan terdiri dari beberapa bahan seperti telur rebus, kue ikan, kaldu dashi rasa kedelai, dan lobak.

Biasanya oden disajikan dengan kuah hangat yang cocok untuk musim dingin. Namun untuk musim panas kali ini, oden disajikan dengan berbeda.

Meski tak memiliki kuah hangat, kita bisa menikmati aroma kaldu dalam summer oden yang terjadi seperti hidangan dingin. Menu ini cocok untuk diet karena hanya 126kkal.

3 dari 6 halaman

2. Athlete Somen, Tomato, and Steamed Chicken

Dikutip dari laman resmi Olimpiade Tokyo, Olympics.com, somen adalah mi gandum putih Jepang yang rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks untuk energi berkelanjutan.

Menu ini disajikan dengan tomat musiman dan ayam kukus yang kaya protein dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh atlet.

Menurut Inf News, kalori dalam menu ini sebanyak 360 kkal. Makanan ini sangat lembut disajikan dengan sedikit air dan minyak.

4 dari 6 halaman

3. Salmon Zangi

Merupakan menu yang terdiri dari salmon goreng dengan saus lemon madu. Ditambah lagi dengan sajian ayam bersama saus tomat. Disajikan bersama dengan brokoli dan wortel parut. Kalori makanan ini sebesar 461 kkal.

5 dari 6 halaman

4. Zunda de Panna Cotta

Hidangan penutup ini terbuat dari edamame atau baby kedelai yang dipanen dengan tangan, yang dikenal sebagai zunda.

Hidangan ini disajikan dalam dua lapis panna cotta dan cream mousse. Kalorinya sebesar 163 kkal.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: