Sukses

Kisah Guru Tulis Materi di Lantai Saat Kelas Online, Banjir Pujian Warganet

Kreativitas seorang guru mengajar murid-murid di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Malaysia - Tak tahu, sampai kapan waktu yang tepat para pelajar bisa bersekolah tatap muka kembali di tengah kasus Covid-19 tak kunjung mereda. 

Meski terasa membosankan, kelas online atau kelas daring adalah cara satu-satunya menghindari penularan virus Corona. Penyampaian materi pun cukup melelahkan bila terpaku pada layar laptop terutama bagi guru atau dosen yang berusia senja. 

Tanggung jawab yang diemban tak membuat guru asal Malaysia ini putus asa. Demi muridnya bisa melihat dengan jelas, dia pun menulis rangkaian materinya pada lantai bewarna terang di rumahnya. 

Melalui unggahan TikTok milik putrinya @ainaabdn7, memperlihatkan ayahnya menahan posisi jongkok sembari menuliskan materi untuk murid-muridnya selama kelas online.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putrinya sempat menawarkan papan tulis

Aina, putrinya sempat menawarkan untuk pakai papan tulis miliknya, namun ayahnya terlihat nyaman menulis di lantai. 

"Yelah mungkin pengiraan panjang so dia nak mudahkan student nampak jelas, pengiraan termasuk keluk2 itu semua (Ya, dia mungkin dengan pertimbangan yang panjang, dia ingin memudahkan muridnya melihat dengan jelas termasuk kurva-kurva itu," jawabnya pada kolom komentar video tersebut.

Tulisan tangan ayahnya pun tampak rapi meski sesekali harus melihat ponselnya dan buku yang ada di sekitarnya. 

3 dari 4 halaman

Momen ayahnya menulis

@ainaabdn7

struggle untuk student supaya lebih memahami. goodluck all students. ##xybca ##fyp

♬ Beggin' - Måneskin
4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Hingga kini, unggahan video tersebut telah disukai lebih dari 100 ribu kali. Tak sedikit warganet yang memberikan pujian atas totalitas ayahnya. Namun, ada juga yang menyayangkan sikap murid yang kerap bermalasan. 

"Wahhh terbaikk, totalitas bgtt bapaknya. sehatt terus pak!! hehe" tulis akun @dinovocado. 

"Fix nanti nanti bikin rumah pake keramik putih aja," sahut akun @VerdiansyahHerman. 

"Capek lho bikin media pembelajaran.. so, respect our teacher... jgn dikira makan gaji buta," balas akun @payung.

"Kadang terharu banget sama guru yang ikhlas dan niat bgt ngajar pas online gini. Eh murid nya malah malas malasan," tambah akun @Bee.

"Aku malah fokus bgt liatin tulisan bapak, jadi keingat guru2 fisika zaman SMA tulisan mreka pada bagus2 bgt," tutur akun @ynutt. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.