Sukses

Piala Eropa 2020 / 2021 : Republik Ceko Diprediksi Komputer Super Jadi Jawara

Mengejutkan. Komputer super Sportsradar memprediksi Republik Ceko menjadi jawara setelah mengalahkan Denmark di final Euro 2020 / 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2020 atau Euro 2021 segera bergulir pada Jumat (11/6/2021) atau Sabtu dini hari WIB. Secara keseluruhan ada 24 negara akan tampil dalam ajang bergengsi sepak bola empat tahunan di Benua Biru tersebut.

Sejatinya, Euro 2020 dihelat pada tahun lalu. Hanya saja, ajang ini harus ditunda lantaran dampak dari pandemi vCovid-19.

Menurut CEO Regional Sportsradar Werner Becher, demam Euro 2020 telah mengambil alih penggemar sepak bola pasca-penundaan selama setahun. Karena itu, pihaknya tak mau ketinggalan untuk memprediksi negara mana yang berpeluang lolos ke final dan menjadi jawara.

"Setelah penundaan yang begitu lama, ada rasa kegembiraan nyata tentang turnamen ini di antara para penggemar," ujar Becher, dilansir Sportskeeda.

Werner pun memuji kemajuan teknologi yang telah membantu Sportsradar, terutama memprediksi siapa yang meraih trofi Euro 2020.

"Kami telah memanfaatkan luasnya kemampuan teknis kami untuk mensimulasikan turnamen, memproses jutaan poin data dari 20 tahun terakhir untuk mengidentifikasi tim pemenang," imbuh Werner.

 

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengejutkan

Ternyata, hasil simulasi dengan memakai komputer super oleh pakar sepak bola di pusat data statistik Sportradar melalui Simulated Reality sangat mengejutkan.

"Sepak bola tidak dapat diprediksi, itu salah satu hal yang paling kami sukai dari permainan ini, tetapi hanya sedikit penggemar yang akan menempatkan Republik Ceko dan Denmark di final," Werner memaparkan.

Prediksi itu mungkin mengejutkan banyak orang. Hanya saja, Kejuaraan Eropa telah memiliki banyak pemenang kejutan di masa lalu.

Yunani adalah pemenang pada 2004. Sementara, Denmark memenangkan Euro 1992, meski tidak lolos babak kualifikasi. Namun, UEFA kemudian menunjuk Denmark sebagai pengganti Yugoslavia yang saat itu berkecamuk perang saudara.

 

3 dari 4 halaman

Tim Unggulan Bertumbangan

Berdasarkan simulasi oleh komputer super, Republik Ceko akan menumbangkan tim-tim unggulan seperti Spanyol, Jerman dan Portugal. Selanjutnya, Republik Ceko mengalahkan Denmark 3-2 di final.

Komputer super juga memprediksi langkah Inggris pada Euro 2020. The Three Lions akan tersisih di semifinal usai dikalahkan Denmark.

4 dari 4 halaman

Laga Perdana

Euro 2020 akan dimulai pada Jumat 11 Juni 2021 atau Sabtu dini hari WIB. Laga Italia melawan Turki yang berlangsung di Roma akan jadi pertandingan perdana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.