Sukses

Mengenal Keunikan Lima Indra Kucing dan Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan hewan yang populer dan seringkali dijadikan peliharaan di rumah. Banyak pecinta kucing yang tidak segan-segan merogoh kocek hingga jutaan bahkan miliaran uang hanya untuk membeli peliharaan tersebut. Wajar, karena kucing memang memiliki kelebihan dan keunikan sendiri.

Alam telah melengkapi kucing dengan kelebihan khusus yang disempurnakan oleh generasi yang tak terhitung jumlahnya, untuk berlari, berburu, dan bertahan hidup. Mereka memiliki lima indra yang sangat unik dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Masing-masing memainkan peran penting bagi kucing untuk memandang dunia. Berikut kelebihan dari indra kucing dikutip dari Hillspet.co.id.

1. Pendengaran Kucing

Begitu banyak suara yang berada di luar kemampuan telinga Anda, tetapi kucing Anda dapat menangkapnya tanpa masalah. Kucing bahkan mendengar lebih baik dari pada anjing. Kisaran 48 HZ hingga 85 kHz memberi kucing salah satu rentang pendengaran terluas di antara mamalia.

2. Penciuman Kucing

Indra penciuman kucing sangat penting untuk mempelajari lingkungan. Sekitar 200 juta sel peka bau ditemukan di hidung kucing pada umumnya. Manusia hanya memiliki lima juta. Kucing tidak hanya menggunakan hidungnya saat makan, mereka juga mengandalkan indra penciuman untuk berkomunikasi satu sama lain.

 

2 dari 3 halaman

3. Kumis dan Cakar Kucing

Kumis dan cakar melakukan pekerjaan investigasi di lingkungan kucing. Kucing memiliki kumis di bagian belakang kaki depan selain wajahnya. Mereka menggunakan kumis untuk merasakan benda-benda di sekitar mereka dan menentukan hal-hal seperti apakah mereka dapat masuk melalui celah yang sempit? Kumis tertentu membantu kucing mengintai mangsa dalam cahaya redup.

4. Penglihatan Kucing

Penglihatan kucing itu luar biasa, terutama penglihatan tepi. Pupil kucing dapat membesar lebih lebar untuk menangkap pemandangan lanskap yang indah. Mereka juga ahli dalam mendeteksi pergerakan, suatu sifat yang diasah selama ribuan tahun berburu. Menarik untuk diperhatikan, bagaimanapun, bahwa kucing memiliki titik buta tepat di bawah dagunya. Meskipun memiliki pemandangan yang menakjubkan, mereka benar-benar dapat mengabaikan sesuatu yang berada dalam jangkauan.

5. Indra Perasa Kucing

Lebih dari sekadar selera yang bagus. Ada alasan mengapa kucing tidak selalu memakan makanan kucing apa pun yang Anda taruh di depannya. Mereka hanya memiliki sekitar 470 pengecap. Kedengarannya banyak, tapi bandingkan dengan mulut Anda sendiri yang berisi lebih dari 9.000. Kucing tidak hanya memiliki indra perasa yang lebih sedikit, mereka juga tidak terlalu sensitif. Itulah mengapa mereka lebih mengandalkan indra penciuman saat memilih makanan.

3 dari 3 halaman

Pola Makan Sehat Kucing

Tak ingin hewan peliharaannya kelaparan, banyak yang meninggalkan dry food dalam jumlah besar dalam mangkuknya. Metode free-feeding inilah yang dituding sebagai penyebab obesitas pada hewan peliharaanmu.

Cegah dengan memiliki jadwal makan yang bisa disesuaikan dengan rutinitas sehari-hari. Coba berikan porsi makanan yang lebih sedikit dengan frekuensi yang lebih sering sepanjang hari. Cara ini dapat menjaga tingkat energinya, tapi cukup efektif untuk menghindari penambahan berat badan.

Kucing rumahan memerlukan pola makan yang sehat dan seimbang. Bantu dengan memberikan Muezza sebagai makanan harian kucing rumahan. Terbuat dari bahan alami, cat food ini diolah dengan teknologi modern dan melibatkan ahli nutrisi untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian anabulmu.

Selain mengandung protein, asam lemak omega 3 dan 6, vitamin, dan mineral, Muezza juga dilengkapi Ekstrak Yucca Schidigera yang menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan. Kesehatan kucing jadi lebih terjamin, ekstrak ini juga efektif mengurangi bau dan bikin kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan.

Muezza sebagai makanan kucing lucu di rumah karena sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Kini tak perlu cemas ibadah jadi batal gara-gara tak sengaja terkena air liur atau jadi kurang leluasa mencari lokasi menyimpan cat food-nya. Punya beragam keunggulan, Muezza punya 4 varian rasa lezat yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia