Sukses

Jangan Sampai Dilewatkan, Ini 4 Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan dan segala amalan yang dilakukan di bulan ini pun akan dilipat gandakan.

Tak hanya puasa dan tarawih, amalan yang dapat umat muslim lakukan di bulan Ramadhan ialah membaca atau tadarus Alquran.

Membaca Alquran di hari biasa saja akan diganjar pahala oleh Allah SWT, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, sangat merugi para umat muslim yang tidak melakukan tadarus Alquran di bulan Ramadhan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Selain mendapat pahala yang berlipat ganda, rupanya masih ada keutamaan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan tadarus Alquran di bulan Ramadhan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

Menenangkan Hati

Membaca Alquran dapat menenangkan hati dan pikiran. Pasalnya dengan membaca Alquran kita akan selalu mengingat Allah SWT, dengan begitu hati akan menjadi tentram.

Sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-rad pada ayat 28:

"Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram."

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Keimanan

Kondisi iman seorang muslim akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga keimanan agar selalu berada dalam kondisi yang baik.

Salah satu caranya, adalah dengan rajin membaca Al-Quran. Semakin rajin membaca Alquran, maka semakin dekat dengan Allah. Semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatanya. Ketakjuban ini dapat menambah keimanan kepada Allah.

4 dari 5 halaman

Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Membaca Alquran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan pada hari kiamat. Seperti hadits yang menyatakan bahwa: "Bacalah bait Al-Quran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya," (HR. Muslim)

5 dari 5 halaman

Diangkat Derajatnya

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran dan mempelajari isi kandungannya. Terlebih lagi jika kita mengamalkan apa yang ada di isinya setiap hari.