Sukses

Sebabkan Penuaan Dini, Ini 4 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Merawat Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta Kerutan dan penuaan dini pada wajah menjadi momok yang menghantui banyak individu, tak terkecuali wanita. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerutan dan penuaan dini, seperti melakukan perawatan wajah.

Sayangnya, tak jarang individu justru melakukan kesalahan-kesalahan saat merawat kulit wajah. Hal tersebut mungkin tak menimbulkan masalah yang besar untuk saat ini, tetapi seiring berjalannya waktu, kesalahan tersebut bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan sebelum waktunya.

Penasaran? Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa kesalahan umum saat merawat kulit wajah yang bisa menyebabkan penuaan dini.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 6 halaman

1. Eksfoliasi setiap hari

Melakukan eksfoliasi pada wajah memang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menyamarkan kerutan halus dan tampak lebih cerah. Namun, melakukan eksfoliasi setiap hari justru dapat membuat kulit Anda iritasi.

Kebanyakan individu yang memiliki kulit kering dan sensitif akan merasakan perih. Selain itu, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum dan muncul jerawat jika kulit berminyak.

 

 

 

3 dari 6 halaman

2. Menggunakan sedikit tabir surya

Tabir surya memiliki peran penting untuk kulit wajah agar tetap terlihat muda dan sehat. Tak sembarang oles, menggunakan tabir surya harus sesuai dosis.

Anda dapat menggunakan tabir surya sebanyak dua ruas jari atau bisa menggunakan satu sendok teh untuk seluruh wajah.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Sering mencuci muka

Mencuci wajah secara menyeluruh dan konsisten tentu membantu menghilangkan polusi berlebih dan membuat wajah tampak cerah dan awet muda. Sayangnya, mencuci muka terlalu sering justru akan menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga menimbulkan iritasi.

Idealnya, individu melakukan cuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Frekuensi ini dirasa cukup efektif untuk semua jenis kulit dengan memulainya di pagi hari dan menutupnya menjelang tidur.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Butuh perawatan anti-penuaan kulit yang kompleks

Kebanyakan individu akan melakukan berbagai perawatan agar kulit tetap terjaga dari kerutan dan penuaan dini. Namun, ahli medis mengatakan bahwa Anda hanya perlu pembersih wajah yang lembut, melakukan eksfoliasi, pelembab sesuai jenis kulit, krim retinoid, dan tabir surya dengan minimal 30 SPF.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: