Sukses

5 Tanda yang Menunjukkan Anda Tak Mencuci Muka Sebersih yang Dikira

Ada kalanya Anda ternyata tak mencuci muka sebersih yang Anda kira. Berikt ini tanda-tandanya.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Anda, apa langkah terpenting dalam rutinitas kecantikan Anda? Mencuci muka. Ini menghilangkan semua minyak berlebih, debu, dan kotoran dari wajah Anda serta membantu mengatur kulit Anda untuk sisa rutinitas perawatan kulit Anda.

Namun terkadang, rutinitas mencuci muka mungkin tidak berfungsi seperti yang Anda pikirkan. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan Anda tidak mencuci muka sebersih yang Anda kira:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Masih ada sisa makeup setelah mencuci muka

Jika Anda menyeka wajah dengan toner setelah dibersihkan dan melihat guratan alas bedak pada kapas, berarti Anda belum cukup membersihkan wajah. Anda perlu menggunakan micellar water berbahan dasar air atau minyak berdasarkan jenis kulit Anda untuk mengikis riasan.

Anda juga bisa membersihkan dua kali dengan pembersih dan kemudian pembersih lembut untuk memastikan Anda membersihkan semua produk.

 

3 dari 6 halaman

2. Kulit Anda terasa terlalu berminyak atau terlalu kering

Jika Anda adalah seseorang dengan kulit kering dan menggunakan pembersih yang menghilangkan semua sebum, hal itu akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Begitu juga jika Anda menggunakan moisturizing cleanser pada kulit berminyak, maka kulit menjadi lebih berminyak.

Pembersih yang tepat akan menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kelembapannya tetap utuh. Karenanya, pilih pembersih yang menangani masalah kulit Anda secara langsung, dengan cara yang benar.

 

4 dari 6 halaman

3. Kulit Anda terasa padat dan kusam

Penumpukan sel kulit akibat dosa Anda dapat menyebabkan kekeringan dan kusam. Ini karena sel kulit yang tidak rata yang tidak akan memantulkan cahaya serta permukaan yang bening.

Anda dapat menggunakan pembersih wajah eksfoliasi yang membantu memastikan Anda meningkatkan pergantian sel.

 

5 dari 6 halaman

4. Produk perawatan kulit dan makeup Anda menumpuk

Jika produk yang Anda aplikasikan terkelupas dan tidak terserap, bisa jadi karena Anda belum cukup membersihkan kulit.

Ketika Anda melewatkan rutinitas pembersihan penuh, Anda meninggalkan lapisan tak terlihat yang menciptakan penghalang dan mencegah produk Anda meresap ke dalam kulit dan tidak mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

 

6 dari 6 halaman

5. Kulit Anda tampak lebih rentan terhadap iritasi dan ruam dibandingkan sebelumnya

Jika Anda mencuci muka terlalu sedikit, hal ini dapat menyebabkan banyak masalah. Tapi, mencuci muka secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah.

Ketika pelindung kulit Anda terganggu, produk yang berada di atas kulit Anda dapat menyebabkan alergi atau ruam. Jadi, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan wajah yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.