Sukses

Bisa Hidup Bebas hingga Hemat Uang, 5 Alasan Seseorang Lebih Senang Jadi Jomblo

Menjadi jomblo bukan karena mereka susah dapat pasangan, tapi ada yang kehendak pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menjalani hidup dengan status single atau jomblo. Rupanya, banyak orang yang memilih menjadi jomblo karena keinginannya sendiri bukan karena susah mendapat pasangan.

Mereka biasanya ingin menjadi individu yang bebas atau sedang mengejar impian. Ada juga orang yang memang bertekad untuk tidak ingin memiliki pasangan selamanya.

Di Indonesia sendiri, jika seseorang sudah memasuki usia matang untuk menikah tetapi orang tersebut masih jomblo ia akan dipandang sebelah mata dan selalu didorong untuk menikah.

Sedangkan di banyak negara lain, menjadi jomblo adalah hal yang wajar dan merupakan pilihan hidup. Orang di sekitarnya tidak akan berkomentar karena status tersebut bersifat pribadi. Di luar itu semua, banyak orang yang justru merasa lebih senang menjadi jomblo. Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa alasan berikut ini:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hidup Bebas

Banyak yang merasakan bahwa hidup menjadi jomblo ternyata sangat menyenangkan. Hidup akan menjadi sangat bebas tanpa ada gangguan dari pasangan. Hidup menjadi jomblo bisa bebas memilih kegiatan apa pun tanpa ada yang melarang.

Misalnya bebas memilih film di bioskop, bebas pulang malam dan bebas begadang. Menjadi jomblo juga bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal tanpa harus meluangkan waktu dengan pasangan.

Selain itu, menjadi jomblo juga tidak perlu pusing tentang keuangan. Mereka bebas menggunakannya kapan dan untuk apa saja tanpa harus menyisihkan untuk mentraktir pasangan atau membeli hadiah.

3 dari 6 halaman

2. Bebas Berpakaian

Menjadi jomblo tidak perlu merasa khawatir tentang pakaian apa yang akan dikenakan. Mereka bebas mengekspresikan diri lewat penampilan. Seperti rambut berantakan, tanpa riasan, atau berpakaian seksi.

Saat memiliki pasangan, kebanyakan gaya berbusana sebagian orang selalu diatur oleh pasangannya. Mereka tidak bebas memakai apa yang disukainya. Hal itu membuat mereka merasa tertekan dan tidak menjadi diri sendiri.

4 dari 6 halaman

3. Fokus Mengejar Impian

Hidup akan menjadi fokus pada satu hal yang sedang dilakukan. Jika memiliki impian, mereka yang jomblo tidak merasa khawatir tentang pertemuan dengan pasangan.

Mereka akan fokus mengejar impiannya, seperti ingin lulus kuliah, mencapai jabatan tinggi, atau impian lainnya. Mereka hanya memikirkan kegiatannya tanpa pusing dengan masalah dalam hubungan. Sehingga jika ada waktu luang mereka akan memanfaatkan untuk istirahat.

5 dari 6 halaman

4. Tidak Perlu Berdebat

Mereka tidak harus pusing berdebat dengan pasangan mulai dari hal sepele hingga hal besar. Mereka yang memiliki hubungan biasanya selalu memperdebatkan hal-hal kecil. Seperti film yang harus ditonton, tempat makan, dan hal lainnya.

Hal tersebut tentu tidak berlaku jika menjadi jomblo. Mereka yang menjadi jomblo bisa bebas memilih makanan, film yang ingin ditonton, hingga bebas memanfaatkan waktu luang untuk bermain game atau tidur.

6 dari 6 halaman

5. Hemat Uang

Mereka yang menjadi jomblo biasanya memiliki banyak uang dan bisa berhemat. Sebab, uang yang didapat dari hasil kerja hanya digunakan untuk kepentingan diri sendiri. Mereka tidak harus menyisihkan uang untuk mentraktir pasangan.

Mereka juga tidak perlu membelikan hadiah untuk hari jadian, hadiah ulang tahun, hari valentine, maupun saat pasangannya sedih. Uang tersebut bisa digunakan untuk membeli barang-barang pribadi, jalan-jalan, atau tabungan masa depan.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.