Sukses

Konsumsi Air Tebu Secara Rutin, 4 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat Tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta - Air tebu menjadi minuman favorit bagi sebagian individu untuk mengusir rasa haus saat cuaca sedang panas. Selain menyegarkan, air tebu juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Air tebu mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein dan mineral. Kandungan mineral dalam air tebu murni meliputi fosfor, kalsium, zinc, kalium dan zat besi. Selain itu, air tebu juga kaya akan vitamin dan antioksidan.

Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, kandungan asam glikolat yang terdapat pada air tebu dapat memberikan efek antioksidan pada kulit. Mulai dari mencegah radang dan infeksi kulit, memperbaiki kulit, hingga mengurangi tanda penuaan.

Berikut beberapa manfaat air tebu murni yang akan Anda dapatkan saat rutin mengonsumsinya, seperti melansir dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

1. Mengatasi Jerawat

Air tebu dianggap mampu membantu meredakan jerawat yang merandang. Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA), seperti asam glikolat pada air tebu dapat membantu meningkatkan pergantian sel dan menghilangkan adanya penumpukan jerawat.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, wajah akan memperlihatkan tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari garis halus di sekitar mata hingga munculnya garis senyum di dekat mulut.

Air tebu kaya akan senyawa fenolik, antoksidan dan flavonoid yang berkhasiat membantu pencegahan penuaan dini, membuat kulit lembap dan lebih cerah.

4 dari 6 halaman

3. Sebagai Ekfoliator

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Tebu dapat dimanfaatkan sebagai eksfoliator atau scrub untuk wajah. Bahan alaminya membuat kulit aman dan minim risiko iritasi. Kandungan asam glikolat pada tebu mampu membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Air tebu mampu membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Cukup oleskan air tebu ke wajah dan biarkan hingga kering. Cara lainnya, Anda dapat menambahkan air tebu ke dalam scrub atau masker agar wajah sehat dan lebih cerah.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: