Sukses

Terinfeksi Covid-19, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Bila Isolasi Mandiri di Rumah

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila melakukan isolasi mandiri di rumah akibat Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Meskipun pandemi mungkin telah memperlambat kecepatannya, COVID-19 masih menyebar. Sebagian besar kasus Covid bersifat ringan atau sedang, namun ada pula yang memerlukan rawat inap.

Mempersiapkan diri terhadap apa yang akan terjadi akan membantu Anda pulih lebih cepat. Berikut adalah beberapa pedoman dasar tentang cara mengobati dan mengelola gejala COVID Anda di rumah seperti dilansir  dari TimesofIndia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Hal-hal yang diperlukan untuk masa pemulihan

Jika Anda adalah pasien COVID di rumah, isolasi diri akan diperlukan sampai Anda pulih untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda. Jika memungkinkan, coba dan minimalkan kontak Anda dengan orang-orang di rumah, tinggallah di kamar dengan sinar matahari dan ventilasi yang cukup. Dokter juga menyarankan agar pasien memiliki ruangan terpisah yang memiliki kamar mandi berbeda.

Sanitiser, desinfektan, masker, pencuci tangan, termometer nirkontak, mesin penghirup uap, oksimeter denyut, cucian bersih, dan pengaturan tempat tidur terpisah akan diperlukan.

Jika Anda memiliki penyakit penyerta seperti gula atau tekanan darah yang tidak terkontrol, Anda juga akan memerlukan pemeriksaan tanda-tanda vital secara rutin. Jadi pastikan Anda juga memiliki monitor BP dan mesin pemantau glukosa, karena ketidakstabilan pada parameter penting ini dapat menjadi pertanda kekhawatiran selama fase pemulihan Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Tetap terhidrasi

Hidrasi adalah kunci pemulihan yang cepat. Pastikan Anda minum setidaknya 2-3 liter air dalam sehari, dan minuman penghidrasi lainnya (larutan ORS juga dapat digunakan). Indikator yang baik bahwa Anda minum banyak cairan adalah jika warna kencing Anda pucat dan bening.

Konsumsi alkohol dan minuman bersoda harus dibatasi, karena dapat membuat Anda dehidrasi.

 

4 dari 7 halaman

3. Mengelola gejala pernapasan

Gejala pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan masih tetap menjadi beberapa gejala yang paling sering dilaporkan dengan COVID-19. Itu bisa menyakitkan dan bertahan lama untuk hilang. Oleh karena itu, pasien membutuhkan perhatian sejak awal.

Menghirup uap dapat membantu dalam meredakan gejala. Obat-obatan yang dijual bebas, seperti sirup obat batuk, semprotan hidung, dan pelega tenggorokan dapat Anda persiapkan.

 

5 dari 7 halaman

4. Demam dan menggigil

Demam, menggigil, kelelahan, nyeri - biasanya menunjukkan virus bisa sangat kejam dalam kasus infeksi COVID. Sakit punggung yang menyiksa atau suhu yang terus-menerus tinggi sering terjadi.

Sementara demam dan gejala terkait membutuhkan waktu sendiri untuk benar-benar hilang, satu-satunya hal yang benar-benar membantu mempercepat pemulihan adalah memperbanyak beristirahat.

Obat-obatan tertentu, seperti parasetamol, yang bekerja untuk menurunkan suhu, dan obat pereda nyeri lain yang meredakan peradangan dalam tubuh juga dapat digunakan. Namun, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

 

6 dari 7 halaman

5. Obat-obatan yang harus Anda beli

Meskipun tidak ada obat yang secara aktif 'mencegah' COVID-19, dokter biasanya meresepkan obat anti-inflamasi atau anti-virus untuk hal yang sama. Tetapi karena banyak di antaranya adalah obat resep dan memiliki khasiat yang kuat, obat ini hanya boleh digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, suplemen obat-obatan, seperti vitamin C, zinc dapat bekerja untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh. Mereka mungkin tidak membantu melawan COVID-19 secara langsung, tetapi dapat mempercepat pemulihan.

 

7 dari 7 halaman

6. Makanan yang harus dihindari

Idealnya, seperti halnya penyakit lainnya, waktu pemulihan adalah ketika seseorang harus mengonsumsi makanan bergizi seperti makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang sehat, polong-polongan yang dikemas dengan bahan-bahan yang meningkatkan kekebalan. Makanan kaya antioksidan harus dimasukkan ke dalam makanan bersama dengan protein sehat untuk pemulihan lebih cepat.

Pastikan juga Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan, minuman manis, atau makanan asin, yang tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan peradangan yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.