Sukses

5 Manfaat Menakjubkan Garam Hitam, Menurunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta - ­­Garam hitam atau dikenal dengan kala namak memiliki aroma dan rasa yang unik. Tak heran jika garam hitam ini banyak digunakan dalam masakan, khususnya hidangan India.

Selain menjadi penyedap masakan, nyatanya garam hitam juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad.

Banyak individu bahkan menggunakan garam hitam sebagai obat rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sembelit. Selain itu, garam hitam juga banyak diburu para pedamba badan langsing karena diklaim sebagai garam pelangsing.

Nah, penasaran apa lagi manfaat kesehatan yang didapat dari garam hitam? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (21/1/2021). 

1. Mengatur Tekanan Darah 

 

Garam hitam lebih rendah natrium dibandingkan garam yang biasa Anda gunakan. Jadi, garam ini bisa menjadi alternatif bagi Anda, khususnya individu dengan tekanan darah tinggi yang ingin mengurangi konsumsi natrium.

2 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Garam hitam juga diklaim bisa meningkatkan pencernaan dan mengatasi penyakit perut lainnya seperti sembelit, kembung dan asam lambung.

3 dari 6 halaman

3. Cegah Kram dan Kejang Otot

Garam hitam bisa membantu mengatur fungsi otot dan meredakan kram otot yang menyakitkan karena kandungan kalium di dalamnya.

Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.

4 dari 6 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan garam bisa meningkatkan risiko obesitas. Karena garam hitam mengandung natrium dalam jumlah rendah, jadi bisa membantu mengatur berat badan.

5 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Garam hitam diklaim mengandung banyak mineral, sehingga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dan rambut. 

Garam hitam bahkan telah dibuktikan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut Anda dan mendetoksifikasi tubuh Anda untuk menghilangkan semua racun, sehingga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: