Sukses

Agar Tak Mudah Busuk, 5 Sayur dan Buah Ini Justru Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang akan langsung memasukkan sayur dan buah ke dalam kulkas setelah membelinya. Hal ini agar sayur dan buah lebih bertahan lama dan tidak mudah busuk. Namun, ternyata tak semua jenis buah dan sayur boleh dimasukkan ke dalam kulkas, lho.

Pasalnya, ada beberapa jenis buah dan sayuran yang disimpan di kulkas justru membuat rasa dan nutrisinya berkurang. Selain itu, ada pula yang dapat memberikan dampak buruk bagi makanan lainnya.

Karena itu, sebaiknya Anda mengenali jenis sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Hal ini untuk mencegah makanan agar tak cepat rusak atau busuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/1/2021) jenis buah dan sayur yang tak boleh disimpan ke dalam kulkas.

2 dari 7 halaman

1. Bawang Bombai

Salah satu jenis sayur yang tak bisa disimpan ke dalam kulkas adalah bawang bombai. Hal ini karena kelembaban yang ada di dalam kulkas akan mengundang bawang bombai jadi lembek, kusam, dan cepat berjamur.

Untuk menjaganya, Anda cukup menyimpan bawang bombai di tempat yang kering, tidak terpapar sinar matahari langsung, dan bersuhu cukup sejuk. Dengan begitu, bawang bombai akan tetap renyah dan beraroma khas.

 

3 dari 7 halaman

2. Daun Kemangi

Berada terlalu lama di kulkas membuat kemangi cepat layu. Selain itu, kemangi juga akan menyerap aroma makanan lain yang ada di kulkas sehingga aroma aslinya akan hilang. Untuk menyimpannya agar tetap awet, cukup simpan kemangi ke dalam wadah berisi air.

 

4 dari 7 halaman

3. Pisang

Salah satu buah tropis ini memang sulit matang ketika dimasukkan ke dalam suhu dingin. Tak hanya itu, kelembapan kulkas juga menyebabkan pisang lebih cepat membusuk.

Umumnya, buah-buahan yang tumbuh di negara tropis sangat sensitif terhadap suhu dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu di bawah 58 derajat pisang akan berubah warna. Selain membuat rasanya tidak nikmat, pisang dengan suhu dingin membuat kandungan vitamin C nya akan hilang.

 

5 dari 7 halaman

4. Kentang dan Ubi

Jenis sayur yang tak boleh disimpan di kulkas selanjutnya adalah kentang dan ubi. Hal ini karena udara dingin dan lembab dapat merusak tekstur dan rasanya. Pati yang terkadang dalam kentang dan ubi akan lebih mudah terurai menjadi gula sehingga terasa manis menyengat. Teksturnya yang lembut pun akan berubah menjadi lebih kasar dan keras.

Anda dapat menyimpan kentang dan ubi di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari menyimpan di dalam kantong plastik yang kedap udara karena bisa cepat busuk.

 

6 dari 7 halaman

5. Tomat

Kematangan tomat akan terhambat bila disimpan di dalam kulkas. Bahkan suhu dingin kulkas bisa membuat tomat keriput dan kehilangan kandungan airnya. Hal ini membuat tomat tak segar lagi.

Sebuah penelitian dari Universitas of Florida membuktikan bahwa mendinginkan tomat dapat mengurangi aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan beraroma segar.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: