Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Di balik cita rasa nikmatnya makan makanan pedas juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dianggap memiliki cita rasa nikmat yang dapat menambah nafsu makan. Meski begitu banyak juga yang menghindari makanan pedas karena dinggap dapat mengganggu pencernaan.

Padahal jika tak dikonsumsi secara berlebihan makan makanan pedas dapat memberikan banyak manfaat loh.

Ya, di balik cita rasa nikmatnya makan makanan pedas juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut ulasannya.

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membuat Umur Panjang

Makan makanan pedas sebanyak enam atau tujuh hari dalam seminggu dikatakan dapat menurunkan angka kematian sebesar 14 persen, menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Harvard dan China CDC. Itu mengapa makan makanan pedas dikatakan dapat membuat umur lebih panjang.

3 dari 6 halaman

2. Membantu Mempercepat Metabolisme Tubuh

Data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jintan, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan memperlambat nafsu makan. Satu studi juga menemukan bahwa kunyit dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.

4 dari 6 halaman

3. Rempah-Rempah Mengatasi Peradangan

Kurkumin, senyawa dalam kunyit yang sering digunakan dalam makanan pedas dapat mengurangi peradangan di tubuh. Dalam pengobatan Ayurveda, sifat anti-inflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan sakit kepala serta mual.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Melawan Sel Kanker

Capsaicin, komponen aktif pada cabai, terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi UCLA menemukan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus.

6 dari 6 halaman

5. Membantu Membunuh Bakteri

Jinten dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka dapat digunakan untuk melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.