Sukses

Berusia 30-an? Jangan Abaikan 6 Gejala Ini di Tubuh Anda

Saat berusia 30-an, Anda akan merasakan gejala-gejala ini di tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami rasa sakit yang aneh di bagian tubuh tertentu? Apakah Anda tiba-tiba merasa sulit mencerna beberapa makanan favorit yang biasa Anda makan sepanjang waktu?

Selamat datang di usia 30-an, waktu di mana rasa sakit akibat penuaan mulai terasa. Ini tentu saja, bukan sesuatu yang dialami oleh semua orang. Tetapi bagi kebanyakan dari kita yang hidup bahkan dengan gaya hidup rata-rata, tidak ada cara untuk menghindari tanda-tanda awal ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lutut terasa sakit saat bangun atau berolahraga

Ini adalah kondisi yang cukup umum di antara orang-orang berusia 30-an, sebanyak orang yang sudah berusia 70-an dan 80-an. Pada dasarnya ini terjadi karena 'bantalan' di antara sendi lutut Anda - yang membantunya bergerak dengan lancar - telah aus.

Beberapa orang mendapatkan kondisi ini yang disebut osteoartritis hanya karena faktor genetik, sementara yang lain mengalaminya karena cedera atau hanya karena penuaan.

Jika Anda merasakan hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan ahli ortopedi dan minta nasihat medis mereka sebelum memburuk.

 

3 dari 7 halaman

2. Perut terasa kurang enak setiap kali makan sesuatu

Seiring bertambahnya usia, perut kita menghasilkan lebih sedikit asam yang membantu memecah makanan yang kita makan. Sebagian besar makanan masih baik untuk dimakan tetapi ada juga yang lebih sulit dicerna oleh perut Anda yang berusia 30 tahun.

Makanan bertekstur kenyal seperti cumi-cumi atau tiram mungkin lebih sulit dicerna, sementara makanan pedas juga bisa melukai perut Anda.

 

4 dari 7 halaman

3. Sering lupa

Pernahkah Anda masuk ke sebuah ruangan dan benar-benar lupa untuk apa Anda masuk ke dalam ruangan itu? Atau mungkin Anda lupa sesuatu yang biasa seperti menutup pintu mobil sebelum berjalan pergi atau meninggalkan kompor dalam keadaan hidup di rumah?

Kebanyakan orang mungkin menganggap ini sebagai hal yang biasa. Tetapi jika Anda sangat sering melupakan sesuatu, Anda mungkin sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan paling ampuh untuk masalah memori ringan adalah berolahraga secara teratur. Anda juga mendapatkan berbagai manfaat lain dari berolahraga, dan tentu saja itu adalah situasi yang sama-sama menguntungkan.

 

5 dari 7 halaman

4. Merasa mengantuk bahkan sebelum mulai bekerja di kantor

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang tidak dapat melewati hari kerja tanpa merasa mengantuk atau lelah bahkan sebelum hari dimulai? Ini bisa berarti Anda hanya malas, atau Anda mengalami kelelahan yang dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti anemia, hipertiroidisme, depresi, atau hanya karena penuaan dini.

Ada juga faktor lain yang berkontribusi terhadap kelelahan, seperti pola makan dan gaya hidup kita.

Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika Anda selalu kesulitan menjalani hari bahkan dengan tidur dan nutrisi yang cukup.

 

6 dari 7 halaman

5. Jangan mengabaikan plak di gigi

Plak adalah lapisan bakteri lengket yang terus-menerus menumpuk di dan di antara gigi Anda. Jika bakteri plak tidak dihilangkan, dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan kemerahan, pendarahan, dan peradangan.

Gusi berdarah juga merupakan manifestasi dari radang gusi, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan periodontitis, infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan pada akhirnya dapat merusak tulang yang menopang gigi Anda. Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan gigi tanggal. Jadi jika Anda ingin menjaga gigi, pastikan Anda menjaganya tetap bersih dan memeriksanya secara rutin.

 

7 dari 7 halaman

6. Bangun tidur dengan perasaan capek

Banyak orang yang berusia di atas 30-an menderita satu atau lebih masalah tidur. Sebagian dari mereka mengaku bahwa mereka bangun di tengah malam sementara ada pula yang mengatakan mereka merasa lelah atau capek saat bangun di pagi hari.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tidur Anda, satu faktor yang dapat Anda perbaiki dengan mudah adalah memastikan Anda memiliki kasur yang berkualitas baik. Sebab, kasur yang bagus bisa meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.