Sukses

Survei: Hanya 3 dari 10 Responden Asia Pasifik yang Yakin Akan Menua dengan Sehat

Masyarakat Asia Pasifik memiliki visi yang jelas tentang arti penuaan sehat walau mereka kurang percaya diri untuk dapat menua dengan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Asia Pasifik memiliki visi yang jelas tentang arti penuaan sehat walau mereka kurang percaya diri untuk dapat menua dengan sehat.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menyatakan banyak kekhawatiran tentang penuaan, hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua.

Menurut survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020 hanya tiga dari 10 konsumen yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat. Mereka cenderung memiliki kekhawatiran jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun.

“hasil survei yang menyatakan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat,” kata Andam dalam keterangan pers ditulis Senin (30/11/2020).

Dalam survei, saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif. 63 persen menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua.

Sementara, 58 persen responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. 49 persen juga menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental adalah definisi menua dengan sehat.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekhawatiran Responden

39 persen responden menyatakan kekhawatiran utama dalam menjalani penuaan adalah menjadi lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. 19 persen responden juga mengkhawatirkan perubahan penampilan yang akan terjadi saat mereka menua.

Selain itu, 15 persen juga menyatakan mereka khawatir akan menjadi beban bagi keluarga saat mereka tua. Kepercayaan diri menghadapi penuaan dan keyakinan akan menua dengan sehat hanya dimiliki tiga dari 10 responden (28 persen).

Konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61 persen), diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), Hong Kong (13 persen) dan Jepang (9 persen).

 Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31 persen) dan Milenial (32 persen) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26 persen) dan Generasi Boom + (24 persen).

3 dari 4 halaman

Cara Menua dengan Sehat

Meski demikian, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan delapan dari 10 konsumen (82 persen) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah-langkah yang dilakukan yakni:

  • 73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka.
  • 63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga regular.
  • 50 persen juga menyatakan telah melakukan aktivitas yang menstimulasi kesehatan mental.
  • 46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan.
  • 42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur.

“Kami percaya bahwa dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan kebiasaan hidup sehat yang benar dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan yang benar menuju penuaan yang sehat,” tutup Andam Dewi.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.