Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 6 Aktivitas Sederhana Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa hal sederhana yang bisa membantu mengurangi berat badan loh.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang memiliki masalah berat badan berlebih. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti pola makan yang tak teratur atau jarangnya berolahraga.

Oleh karena itu olahraga dan menjaga pola makan atau diet dikatakan sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa hal sederhana yang bisa membantu mengurangi berat badan loh. Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (7/10/2020), berikut 6 cara sederhana yang dipercaya mampu mempercepat proses menurunkan berat badan:

1. Menyalakan lilin

Bayangkan lilin beraroma vanila di kamar Anda. Kedengarannya manis, bukan? Vanilla terkenal sebagai rasa dalam es krim dan kue, hal-hal yang hampir tidak terkait dengan penurunan berat badan. Tapi ternyata, ketika kita menghabiskan banyak waktu di area dengan bau yang enak, nafsu makan kita akan terhenti.

Vanila secara khusus mengurangi keinginan untuk makan manis, terutama cokelat. Jadi, mengisi rumah Anda dengan aroma vanila adalah cara yang baik untuk mencegah keinginan ngemil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Konsumsi buah dan sayuran yang tidak dikupas

Tidak diragukan lagi bahwa makan buah dan sayuran bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tapi mereka bahkan lebih bermanfaat bila dikonsumsi dengan kulitnya.

Kulit mengandung antioksidan dan serat, yang membantu mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bakteri baik yang hidup di mikroflora perut kita juga memakan serat dan menghasilkan asam lemak, meningkatkan perasaan kenyang. Dan sebagai bonus, makan kulit sayuran dan buah dapat membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker dan Alzheimer.

3 dari 6 halaman

3. Letakkan cermin di tempat Anda makan

Menonton diri kita sendiri yang sedang makan akan memengaruhi seberapa banyak kita makan, sebuah penelitian menunjukkan. Penelitian ini melibatkan 185 siswa, setengahnya sedang makan kue coklat, setengah lainnya salad buah. Siswa yang harus makan kue di depan cermin tidak menikmati sama sekali, tidak seperti siswa yang makan salad.

Rupanya, kita tidak menyukai gambaran visual tentang kita makan berlebihan atau makan tidak sehat, jadi dengan cara ini kita cenderung tidak memanjakan diri.

4 dari 6 halaman

4. Tegak

Ada banyak alasan bagus untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Ini membuat Anda terlihat lebih ramping dan lebih tinggi, dan juga memperkuat otot perut Anda.

Ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan menghilangkan kelelahan yang disebabkan oleh diet. Jadi jika Anda membiasakannya, Anda akan melatih otot perut saat duduk dan berdiri terus-menerus dan tanpa susah payah.

5 dari 6 halaman

5. Konsumsi vitamin D

Vitamin D tidak hanya membantu untuk mendukung sistem kekebalan Anda dan memperkuat tulang dan gigi, tetapi juga mempengaruhi lemak tubuh Anda.

Baik itu menekan pembentukan dan penimbunan sel lemak atau menghasilkan serotonin yang membantu mengendalikan nafsu makan. Jadi, cobalah untuk lebih banyak mencari telur, jamur, dan ikan yang mengandung vitamin ini.

6 dari 6 halaman

6. Makan makanan pedas

Pertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak bumbu pedas ke dalam makanan Anda. Makanan pedas bisa sangat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran energi.

Misalnya, lada hitam mencegah pembentukan sel lemak, jahe dan kayu manis mengontrol kadar gula darah, kunyit dan jinten membakar lemak, dan cabai rawit meningkatkan metabolisme Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.