Sukses

Alasan Anda Tak Boleh Melewatkan Sarapan di Pagi Hari

Mengapa sarapan itu penting sebelum memulai aktivitas? berikut ulasannya

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan sering kali disebut sebagai asupan terpenting untuk memulai hari. Sarapan membantu tubuh mengisi kembali pasokan glukosa untuk meningkatkan energi. Energi tersebut lah yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari. 

Sarapan sekaligus menyediakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk kesehatan yang baik. Sayangnya terlepas dari manfaat sarapan untuk kesehatan, banyak orang sering melewatkannya karena berbagai alasan. Ada yang melewatkan sarapan karena terburu-buru berangkat ke kantor, ada pula yang tak sarapan lantaran tak terbiasa.

Padahal banyak penelitian telah menunjukkan manfaat sarapan pagi bagi kesehatan seperti meningkatkan tingkat energi dan kemampuan  berkonsentrasi Anda. Tapi tak hanya itu loh masih ada beberapa manfaat lain dari sarapan pagi. Dilasir dari betterhealth.vic, berikut rangkumannya.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Sarapan Sangat Penting

Saat Anda bangun dari tidur semalaman, tubuh Anda belum diisi oleh asupan selama kurang lebih 10 jam. Itu mengapa sarapan membantu mengisi kembali asupan energi dan nutrisi dalam tubuh Anda.

Di pagi hari, setelah Anda tidak makan selama 10 sampai 12 jam simpanan glikogen Anda menipis. Setelah semua energi dari simpanan glikogen Anda habis, tubuh Anda akan mulai memecah asam lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkannya.

Tetapi tanpa karbohidrat, asam lemak hanya teroksidasi sebagian sehingga dapat menurunkan tingkat energi Anda. Makan pagi juga dapat mengembalikan tingkat glikogen untuk menjaga metabolisme di hari itu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sarapan di pagi hari cenderung lebih aktif secara fisik daripada mereka yang tidak makan sampai jam makan siang.

3 dari 3 halaman

Sarapan Membantu Anda Mengontrol Berat Badan

Mungkin banyak dari kalian yang melewatkan sarapan lantaran sedang diet. Padahal orang yang rutin sarapan pagi cenderung tidak akan kelebihan berat badan atau obesitas. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa makan pagi dianggap dapat membantu Anda mengontrol berat badan karena dapat mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah Anda sehingga membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

Selain itu, sarapan juga membuat Anda kenyang sebelum Anda benar-benar lapar. Hal ini membuat Anda lebih terkontrol ketika makan siang lantaran tak benar-benar lapar. 

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.