Sukses

Deretan Alasan Mengapa Perut Buncit Sulit Rata Meski Rajin Olahraga

Meski sudah susah payah berolahraga dan menjalani diet ketat, lemak nakal di perut tetap enggan pergi. Kok bisa ya?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki perut buncit tentu sangat menjengkelkan. Tumpukan lemak di sisi kiri dan kanan membuat penampakan perut tak sedap dipandang.  

Untuk itu, berbagai cara pun dilakukan demi bisa menyingkikan perut bunyit. Mulai dari olahraga dan menjalani pola hidup sehat. Namun, meski sudah susah payah berolahraga dan menjalani diet ketat, lemak nakal di perut tetap enggan pergi. Kok bisa ya?

Nah, berikut beberapa alasan sulitnya mengecilkan perut buncit serta cara mengatasinya seperti melansir dari Eat This, Kamis (10/9/2020).

 

1. Hindari makanan olahan

Seiring bertambahnya usia, metabolisme setiap orang akan bergerak lebih lambat sehingga sulit menjaga perut tetap rata. Semakin tua, tubuh semakin sensitif terhadap makanan olahan yang mengandung gula dan garam karena tubuh akan cenderung menyimpan kalori tersebut sebagai lemak.

Makanan olahan juga bisa menyebabkan peradangan, membuat tubuh lebih sulit membuang lemak perut yang tidak diinginkan. Pilihlah makanan yang sehat dan bersih untuk menjaga metabolisme tubuh tetap lancar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mengonsumsi jenis daging merah yang salah

Potongan daging merah yang salah bisa meningkatkan lemak di perut dan memperlebar lingkar pinggang. Hindari potongan daging berlemak, seperti rib eye, T-bone, dan New York Strip.

Sebagai ganti, pilih daging yang rendah lemak, seperti grass-fed sirloin tip side steak, top round, atau bagian eye of round steak. Pilihan daging tersebut mengandung rendah lemak, tapi tinggi asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, serta mengurangi peradangan penyebab melebarnya pinggang.

3 dari 6 halaman

3. Tidur yang Cukup dan Kelola Stres

Melek sampai lepas tengah malam membuat Anda sering makan di luar jadwal semestinya. Kalau penyebabnya adalah sulit tidur, itu juga jadi penyebab perut buncit Anda sulit dikecilkan. Sulit tidur membuat tubuh mengalami stres berujung ingin makan terus.

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko kenaikan berat badan. Sedangkan stres dapat memicu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Pelepasan hormon stres bisa memicu penumpukan lemak pada perut.

Demi mengelola stres, lakukan aktivitas menyenangkan. Melakukan hobi, berlatih yoga, atau meditasi dapat jadi metode yang efektif untuk mengelola stres sekaligus menyusutkan lemak pada perut.

4 dari 6 halaman

4. Kurang konsumsi makanan berserat

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi makanan berserat. Selain sebagai penghilang rasa lapar, serat juga baik untuk kesehatan dan menghilangkan lemak perut membandel.

Serat larut ini bisa ditemukan dalam batang tanaman hijau, kacang almond, oat, brokoli, wortel, dan berbagai macam buah-buahan. Setidaknya makanlah dua buah apel kecil atau setengah cangkir kacang pinto setiap hari. Anda juga dapat mencampurkan kacang-kacangan hampir ke semua makanan.

5 dari 6 halaman

5. Suka minuman manis

Kalau suka mengonsumsi minuman manis, kemungkinan besar itu yang membuat perut buncit sulit enyah. Menurut penelitian dalam jurnal Obesity, soda dan jus berisi fruktosa bisa meningkatkan ukuran pinggang dan lemak perut.

Jadi, Anda perlu mempertimbangkan pilihan minuman. Biasakan konsumsi jenis minuman yang lebih sehat dan rendah gula, seperti air mineral atau teh tanpa gula.

6 dari 6 halaman

6. Salah melakukan gerakan latihan

Memilih bentuk olahraga yang tepat juga jadi salah satu pendukung dalam diet. Untuk meratakan perut buncit, lari jarak jauh atau latihan kardio saja tidak cukup.

Variasi seperti High-Intensity Interval Training (HIIT), serta lari cepat justru merupakan olahraga paling efektif. Menurut Medicine and Science in Sports and Exercise, latihan lari cepat sudah terbukti membantu orang mengurangi ukuran pinggang dan pinggul.

Sedangkan latihan intensitas tinggi dapat mengurangi lebih banyak lemak perut daripada latihan intensitas rendah. Anda perlu memahami latihan intensitas tinggi ini dan mencari berbagai latihan yang sesuai agar olahraga lebih bermanfaat pada tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.