Sukses

Viral di TikTok, Pria Ini Pakai 6 Jenis Masker untuk Tunjukkan Mana yang Paling Efektif

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan masker adalah keharusan di berbagai tempat di dunia sejak pandemi virus Corona melanda. Malahan, orang-orang mulai melakukan tes untuk mengetahui apakah masker yang digunakan efektif dan seberapa efektif masker tersebut.

Vince Limbaring Dizon dengan akun Tiktok @vihannnce08 membuat sebuah video sederhana yang menunjukkan keefektifan berbagai masker. Siapa sangka video yang ia buat viral di TikTok dan Twitter.

Vince sendiri merupakan seorang Teknolog Medis dari Cebu, Filipina yang membuat video TikTok untuk menghilangkan stres dan menyebarkan hal positif. Video yang ia buat menunjukkan bagaimana ia memakai berbagai macam tipe masker dan meniup api dari korek yang ia pegang untuk melihat apakah api itu padam.

@vihannce08

Understanding the differences of face mask. ##coronavirüs ##covid ##facemask ##mask ##fyp ##n95 ##coppermask ##zyxcba

♬ Coronavirus Check - 7eer

 

Dia menggunakan enam jenis masker, yaitu: masker dari kaos, masker kain buatan sendiri, masker bedah, dua jenis masker N95, dan masker tembaga. Sebagai kontrol, ia juga melakukan percobaann tanpa masker.

Dengan penggunaan masker yangmakin tinggi tingkat perlindungannya, lebih sedikit udara yang dikeluarkan lewat masker tersebut. Berikut ini percobaannya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tidak memakai masker, api langsung mati saat ditiup

3 dari 8 halaman

2. Menggunakan masker dari kaos yang dililit, api masih bisa mati saat ditiup

4 dari 8 halaman

3. Masker kain buatan sendiri, api masih bisa mati saat ditiup

5 dari 8 halaman

4. Masker medis, api mulai sulit untuk padam saat ditiup

6 dari 8 halaman

5. Masker N95, api tak bisa padam meski ditiup dengan keras

7 dari 8 halaman

6. Masker 3M VFLE N95, api tak bisa padam meski ditiup

8 dari 8 halaman

7. Masker tembaga, api tak bisa padam meski ditiup

Dengan tidak bisa padamnya api yang ditiup lewat beberapa masker, ini menandakan tidak ada aliran udara yang lewat. Oleh karena itu, ini juga berarti bahwa tak ada kuman atau virus yang bisa melewatinya.

Video itu sendiri hingga kini telah ditonton lebih dari 3,7 juta kali di TikTok dengan lebih dari 526 ribu 'like.' Di Twitter sendiri saat pengguna Twitter membagikan video itu, hingga kini telah ditonton lebih dari 7 juta kali dan dibagikan lebih dari 250 ribu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.