Sukses

Catat, Perhatikan Aturan Ini Sebelum Menyalip Kendaraan Lain

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berkendara tentu ada etika dan aturan yang perlu diketahui setiap individu untuk keselamatan diri dan pengendara lainnya. Namun terkadang, ada saja perilaku pengendara yang salah hingga menyebabkan kecelakaan.

Salah satu yang banyak dilanggar yakni menyalip kendaraan lain dari lanjur kiri. Seharusnya pengendara yang ingin menyalip harus mengambil lajur kanan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mendahului kendaraan lain. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil.

Saat hendak menyalip pengendara wajib memperhatikan kondisi jalan. Terutama ketika dalam perjalanan jauh ke luar kota. Sebelum menyalip, pastikan jalur dalam kondisi aman atau tidak ada kendaraan lain yang sedang melaju di arah sebaliknya.

 

2 dari 5 halaman

Aturan Lainnya

Hidupkan sein untuk memberitahu pengendara lain saat hendak menyalip. Hal ini sebagai antisipasi terhadap manuver yang dilakukan.

Terkait kecepatan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara. Apabila menggunakan motor yang tidak memiliki kemampuan untuk mencapai kecepataan tertentu, sebaiknya pengendara mempertimbangkannya kembali.

Di beberapa lokasi jalan, terdapat pula jalan menikung. Model jalur ini cukup berbahaya untuk mendahului kendaraan lain. Tunggu hingga jalan yang dilalui benar-benar lurus dan memungkinkan pengendara untuk mendahului.

3 dari 5 halaman

Maksimalkan Fitur

Gunakan secara maksimal fitur safety yang ada, seperti kaca spion, lampu jauh-dekat dan juga sein. Pastikan juga semua fitur dalam kondisi baik.

4 dari 5 halaman

Jangan Menyalip dari Sebelah Kiri

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah, jangan menyalip dari jalur sebelah kiri. Hal ini dikarenakan sisi kiri biasanya diperuntukan untuk kendaraan yang lebih lambat.

Menyalip di tengah kemacetan juga memerlukan trik khusus. Usahakan secepat mungkin ketika mendahului kendaraan lain. Jangan berlama-lama di sebelah kendaraan yang akan disalip.

Penulis:

Dian Tami Kosasih

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: